pisang,jpeg

5 Makanan untuk Menjaga Tekanan Darah Normal

Medikastar.com

Darah tinggi atau hipertensi memang bukanlah penyakit menular, tetapi di negara kita angka penyakit ini terbilang mengkhawatirkan. Menurut data Kementerian Kesehatan (2016) setidaknya terdapat 63 juta kasus darah tinggi, yang menimbulkan kematian sebanyak 427.000.

Sedangkan menurut National Heart Foundation of Australia, disebutkan salah satu langkah termudah yang bisa dilakukan untuk menjaga tekanan darah normal adalah mengonsumsi makanan sehat. 

Dengan memulai beberapa kebiasaan pola makanan yang sehat dapat memberikan perubahan. Ini termasuk menghitung kalori dan memperhatikan ukuran porsi, sehingga dapat membuat tekanan darah lebih stabil.

Dilansir dari Everyday Health dan National Institutes of Health, berikut ini rekomendasi makanan sehat yang bisa diterapkan sebagai upaya menjaga tekanan darah normal, antara lain:

Mentimun

Di dalam mentimun banyak terkandung kalium yang merupakan elektrolit yang membantu mengatur jumlah natrium (kandungan dalam garam) yang ditahan oleh ginjal. Tidak hanya itu saja, mentimun juga kaya  vitamin C, kalium, dan antioksidan, seperti karotenoid dan tokoferol. Nutrisi-nutrisi ini dibutuhkan tubuh untuk mengontrol atau menurunkan tekanan darah.

Pisang

Pisang merupakan salah satu makanan yang baik untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. Bahkan, menurut beberapa penelitian pisang bisa mengatur denyut jantung, tekanan darah, dan menjaga kesehatan jantung.  

Sayuran Hijau

Sayuran hijau merupakan makanan untuk menurunkan tekanan darah yang bisa kamu coba. Sayuran hijau kaya kalium yang bisa membantu ginjal untuk menyingkirkan natrium melalui urine. Nah, hal inilah yang pada akhirnya bisa membantu menurunkan tekanan darah. 

Susu skim dan yoghurt

Susu skim merupakan sumber kalsium yang sangat baik dan rendah lemak. Keduanya merupakan elemen penting dari diet untuk menurunkan tekanan darah. Jika tidak suka susu, anda bisa menggantinya dengan yogurt.

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang dan biji-bijian sangat lezat dan bergizi. Kacang-kacangan dan biji-bijian menyediakan lemak, protein, vitamin, dan mineral tak jenuh yang sehat.

Nah itulah beberapa jenis makanan yang bisa anda konsumsi untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal. Selain itu, anda juga bisa melakukan tes darah atau medical check up secara rutin di King Lab 247 langsung dari rumah atau instansi Anda. (