52 Tenaga Teknis Kefarmasian PD PAFI NTT Angkat Sumpah Profesi

Kota Kupang, medikastar.com

Pengurus Daerah Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PD PAFI) Provinsi NTT menggelar pelatihan peningkatan kompetensi dan sumpah profesi bagi 52 Tenaga Teknis Kefarmasian, Sabtu (25/07/20) di Aula Cendana Wangi Poltekkes Kemenkes Kupang. Selain dilangsungkan di aula tersebut, pelatihan dan sumpah profesi ini juga dilakukan secara daring.

52 Tenaga Teknis Kefarmasian yang diambil sumpahnya berasal dari Universitas Citra Bangsa Kupang, Stifar Makassar, Uniersitas Garut, dan Universitas Indonesia Timur. Peserta lainnya berasal dari Universitas Pancasakti Makassar, Universitas Bhakti Wiyata Kediri, dan Poltekkes Kemenkes Kupang.

Ketua panitia kegiatan, Ivonne Y. Laning, S.Farm,Apt dalam laporannya menjelaskan bahwa tujuan pelatihan peningkatan kompetensi dan sumpah Tenaga Teknis Kefarmasian PD PAFI NTT ialah untuk meningkatkan pemahaman peserta mengenai materi yang diberikan sehingga hal tersebut dapat diaplikasikan dalam pelayanan kesehatan secara baik.

Ia menjelaskan bahwa dalam pelatihan tersebut para peserta memperoleh materi, antara lain materi mengenai, “Peraturan perundan-undangan di bidang farmasi,” yang dibawakan oleh Ketua PD PAFI NTT, Tamran Ismail, S.Si, MP. Selain itu, ada juga materi, “Pharmaceutical Care pada penyakit Hipertensi,” yang dipaparkan oleh Nelci Ndun, S.Farm,Apt dan materi, “Farmasi praktis dan obat tradisional,” yang dibawakan oleh Marce I. Taku Bessi, S.Farm,Apt,MSc.

Ivonne juga menuturkan bahwa dasar pelaksanaan pelatihan peningkatan kompetensi dan sumpah tersebut ialah UU nomor 36 tahun 2014 tentang tenaga kesehatan, PP RI nomor 51 tahun 2009 tentang pekerjaan kefarmasian, dan Permenkes RI nomor 889/Menkes/PER/V/2001 tentang registrasi, ijin praktik, dan ijin kerja tenaga kefarmasian.

Terpantau, usai mengikuti pelatihan dan post test, para Tenaga Teknis Kefarmasian diambil sumpahnya oleh Ketua PD PAFI NTT, Tamran Ismail, S.Si, MP. Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Bidang SDM Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Joyce Tibuludji, rohaniawan Islam, rohaniawan Katolik, dan rohaniawan Kristen. (*/Red)

Video: PAFI NTT Berbagi Kasih