liburan sehat

6 Tips Menjaga Kesehatan Saat Liburan di Musim Hujan

Medikastar.com

Libur akhir tahun sudah di depan mata. Tentu saja segala rencana dan persiapan liburan telah dilakukan oleh sebagian orang.

Liburan di akhir tahun membutuhkan persiapan yang matang, karena bagaimana tidak, di Indonesia akhir tahun juga merupakan musim hujan. Dimana anda harus mempersiapkan tidak hanya perlengkapan saja tetapi juga kesehatan fisik.

Berikut beberapa tips agar tetap sehat selama liburan di musim hujan:

Menjaga pola makan

Tips pertama agar tetap sehat selama liburan di musim hujan adalah jangan berdiet,

Usahakanlah untuk memberi tubuh anda makanan yang bergizi seimbang dan makan tepat waktu. Dan juga tidak lupa untuk selalu mengonsumsi vitamin ya!

Tidur yang cukup

Tidur merupakan salah satu solusi yang praktis untuk berbagai masalah hidup. Tak terkecuali pun untuk persoalan saat berlibur di musim hujan.

Bukan berarti selama liburan anda hanya bisa tidur saja ya. Tetapi alangkah baiknya jika anda tetap menganut prinsip tidur 7 jam dalam sehari. Hal ini penting agar tubuh bisa kebal terhadap virus maupun bakteri.

Olahraga

Sedang liburan dan hujan menjadi sebuah alasan dimana orang-orang menjadi mager atau malas untuk berolahraga. Padahal ini merupakan aktivitas yang harus anda lakukan agar tubuh bisa tetap bugar dan sehat.

Kurangi jajan sembarangan

Jajanan di pinggir jalan memang menggoda, tetapi sebaiknya dibatasi dulu ya. Karena kebiasaan untuk jajan sembarang tentu akan mengundang bakteri masuk ke dalam tubuh jika kebersihannya tidak terjamin.

Menjaga kebersihan

Tidak hanya saat liburan, tetapi menjaga kebersihan adalah hal wajib yang harus anda lakukan dimanapun dan kapan pun anda berada.

Taat protokol kesehatan

Nah, ini adalah tips yang penting. Meskipun sedang liburan, tapi anda tidak boleh lalai ya dalam menjaga prokes agar virus corona tidak punya celah untuk bisa masuk ke dalam tubuh kita.

Itu dia beberapa tips agar liburan anda dapat berjalan dengan menyenangkan dan tetap terjaga kesehatan tubuh  yang bisa anda lakukan.

Saran lain yang bisa anda lakukan adalah dengan cobalah untuk meminta pengawalan tim medis untuk menemani liburan anda. Hal tersebut bertujuan agar liburan anda bisa jadi lebih tenang sehingga tidak perlu takut jika sewaktu-waktu ada yang sakit ketika liburan.

Jika destinasi liburan anda ke Labuan Bajo, tidak perlu khawatir karena ada Klinik King Care. Menyediakan berbagai layanan kesehatan mulai dari perawatan luka hingga medical escort dan evakuasi. Liburan jadi lebih tenang dengan Klinik King Care. (*)

Baca juga: 7 Cara Jitu Mengatasi Gejala Flu