cara mengatasi flu

7 Cara Jitu Mengatasi Gejala Flu

Medikastar.com

Memasuki musim hujan, banyak persiapan dilakukan oleh setiap orang. Salah satunya adalah dengan menjaga kesehatan tubuh agar tidak mengalami gangguan.

Pada umumnya, saat musim hujan, flu menjadi salah satu penyakit yang cukup sering dialami. Flu sendiri bukanlah suatu penyakit yang membahayakan, namun jangan anggap sepele gejalanya ya!

Apa saja? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

Gejala Flu

Melansir dari Medical News Today, berikut beberapa gejala flu yang akan dirasakan oleh penderitanya:

  • Demam
  • Hidung tersumbat
  • Batuk
  • Nyeri pada otot
  • Panas dingin
  • Sakit tenggorokan
  • Mudah kelelahan
  • Sakit kepala
  • Mual dan rasa ingin muntah

Perlu diketahui bahwa gejala flu yang muncul bisa beragam pada tiap orang tergantung pada tingkat keparahannya.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya jika sudah timbul gejala?

Cara Mengatasi Flu

Tinggal di rumah dan banyak istirahat

Dikutip dari WebMD, penderita flu wajib untuk tetap tinggal di rumah. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah penularan penyakit.

Meski begitu, pastikan bahwa anda meluangkan banyak waktu untuk beristirahat ya! Istirahat yang cukup dapat membantu tubuh untuk melawan infeksi kuman yang menjadi biang penyakit.

Banyak minum air putih

Merupakan sebuah hal wajib yang harus dilakukan saat anda terserang flu, yaitu perbanyak minum air putih hangat untuk menghindari gejala dehidrasi. Adapun gejala dehidrasi yang dimaksudkan seperti sakit tenggorokan dan hidung tersumbat.

Berkumur

Berkumur dapat membantu anda untuk meredakan sakit tenggorokan dan menghilangkan rasa nyeri.

Anda bisa berkumur dengan campuran setengah sendok teh garam yang dilarutkan ke dalam 250 mililiter air hangat sebanyak 4 kali sehari.

Menggunakan semprot hidung

Saat flu menyerang, anda harus memastikan bahwa hidung bersih dan juga tidak mampet. Semprot hidung mengandung saline yang bisa anda gunakan untuk mencegah gejala flu menjadi lebih parah.

Penuhi kebutuhan gizi

Pola makan yang sehat dapat membantu anda untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini pun jadi salah satu cara alami untuk mengatasi flu. Usahakanlah untuk memenuhi kebutuhan gizi yang mencakup protein seperti ikan dan daging tanpa lemak.

Olahraga ringan

Dengan olahraga ringan, anda bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini sama pentingnya dengan beristirahat ya!

Minum obat flu

Terdapat beberapa jenis obat flu yang bisa anda minum disesuaikan dengan gejalanya. Namun, pastikan kalau anda berkonsultasi dengan tenaga medis terlebih dulu sebelum minum obat flu.

Itulah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasi gejala flu agar tidak menjadi semakin parah.

Apabila cara-cara di atas sudah dicoba dan tak kunjung membaik atau bahkan jadi lebih parah, segera menemui dokter agar segera untuk mendapatkan arahaan atau tindakan medis. (*/ctr)

Baca juga: Jarang Minum Air Putih? Simak Gejala dan Akibat Dehidrasi