tips menjaga jantung.jpeg

7 Hal Sederhana Menjaga Jantung Anda Tetap Sehat

Medikastar.com

Jantung adalah organ vital yang bekerja tanpa henti karena berperan penting dalam memompa darah ke seluruh tubuh untuk menunjang kelangsungan hidup. Meskipun masih muda, bukan berarti anda tidak perlu menjaga kesehatan jantung. 

Justru dengan menerapkan pola hidup sehat atau kebiasaan-kebiasaan yang baik bagi jantung sedini mungkin, maka anda bisa memiliki jantung yang tetap sehat sampai tua nanti. Meskipun stroke, serangan jantung, atau kondisi jantung lainnya lebih sering ditemukan pada orang-orang berusia di atas 60 tahun, anak-anak muda yang berusia 20 tahunan juga perlu mewaspadai penyakit jantung.

Berdasarkan laporan Kemenkes RI, penyakit jantung menjadi penyebab kematian kedua di Indonesia setelah stroke. Hal itu terjadi karena banyak yang menganggap bahwa penyakit ini menyerang orang tua saja. Tetapi faktanya, penerapan gaya hidup tidak sehat dapat membuat penyakit ini terjadi di usia muda. 

Penyakit jantung di usia muda bisa terjadi akibat gaya hidup yang tidak sehat, seperti kurang berolahraga, pola makan yang buruk, dan kebiasaan tidak sehat lainnya yang dilakukan selama bertahun-tahun. Karena itu, mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dapat menjadi investasi penting untuk kesehatan jantung dalam jangka panjang.

Berikut dibawah ini adalah 7 hal sederhana yang bisa anda lakukan untuk membuat dan menjaga jantung tetap sehat (sumber: p2ptm.kemkes.go.id): 

  • Tetap aktif dalam beraktivitas fisik, seperti olahraga
  • Jangan merokok, jika terlanjur berhentilah
  • Atur berat badan dengan menjaga pola makan yang sehat, seimbang, rendah lemak, dan rendah kadar gula
  • Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, seperti buah dan sayur
  • Kurangi pemakaian garam pada masakan dan perhatikan juga kadar garam pada makanan siap santap
  • Konsumsilah ikan paling tidak dua kali dalam seminggu
  • Kurangi Konsumsi Lemak Jenuh

Yuk jaga tubuh mu agar tetap sehat bersama Klinik King Care. King Care akan selalu ada untuk anda. Dengan tenaga kesehatan; dokter, perawat, bidan, fisioterapis, yang profesional, Klinik King Care siap memberikan pelayanan terbaik untuk Anda selama 24 jam, langsung di rumah. (*)

Baca juga: Mengenal Faktor Risiko dan Pola Makan Penderita Hipertensi