91 Mahasiswa Jurusan Kebidanan Poltekkes Kupang Mengikuti Yudisium secara Daring

MedikaStar.com

Sebanyak 91 mahasiswa Jurusan Kebidanan dan 1 mahasiswa Jurusan Farmasi Poltekkes Kupang mengikuti Yudisium secara daring yang digelar pada Kamis (30/07/20). Yudisium tersebut diikuti oleh para mahasiswa dari tempat tinggal masing-masing, sedangkan beberapa mahasiswa dan dosen mewakili secara langsung di Aula Cendana Wangi Poltekkes Kupang. Nampak, protokol kesehatan diterapkan secara ketat dalam pelaksanaan acara Yudisium ini.

Pada kesempatan tersebut hadir secara langsung di di Aula Poltekkes Kupang, Wakil Direktur I Poltekkes Kemenkes Kupang, Irfan, SKM., M.Kes; Ketua Jurusan Kebidanan Poltekkes Kupang, Dr. Mareta B. Bakoil, SST., MPH; serta beberapa dosen dan staf lainnya.

Dalam laporannya, Mareta selaku Ketua Jurusan Kebidanan menyampaikan capaian para mahasiswa Kebidanan angkatan ke-19 yang diyudisiumkan. IPK rata-rata dari Jurusan Kebidanan pada periode ini adalah 3.35 dengan IPK tertinggi yakni 3.71 dan IPK terendah yakni 2.86.

Sebanyak 98,9% mahasiswa mendapatkan IPK ≥3.00, sedangkan lebih dari 63,3% mahasiswa mendapatkan IPK ≥3.25. Lebih lanjut, pencapaian ini telah mencapai indeks kinerja umum (IKU) Prodi Kebidanan yang telah ditargetkan.

Ditemui setelah acara Yudisium berakhir, Mareta mengatakan bahwa ia sangat puas dengan capaian yang diraih oleh lulusan. Ia mengatakan bahwa satu semester kemarin, ujian praktek yang dilaksanakan di kampus dijalankan dengan protap yang sangat ketat. Semua protokol kesehatan diterapkan. Selain itu, hal-hal lainnya dijalankan secara daring atau online.

“Karena itu, untuk prestasi saat ini, saya bangga dengan mereka karena ada yang harus mencari signal di tempat tinggal masing-masing seperti di gunung, serta upaya-upaya mereka untuk menyelesaikan studi di akhir semester VI ini sangat luar biasa,” tuturnya pada Medika Star.

Mareta menambahkan bahwa pada bulan Agustus nanti rencananya akan diadakan Yudisium lanjutan bagi beberapa mahasiswa yang belum sempat mengukutinya pada periode saat ini.

Sementara itu, sambutan oleh Direktur Poltekkes Kupang, R. H. Kristina, SKM., M.Kes yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh Wakil Direktur I Poltekkes Kupang bidang Akademik, Irfan, SKM., M.Kes mengutarakan bahwa di masa Pandemi Covid-19 ini, terdapat kendala dalam pelaksanaan studi yang dilakukan. Meski begitu, semua kendala itu masih bisa diatasi secara baik.

“Kalau kita telusuri, bapak ibu semuanya, semester terakhir, jadi hampir 95% kita melaksanakan pembelajaran daring. Namun, semua itu bisa dilewati, diikuti dengan baik dan pada hari ini anda semua bisa menyelesaikan dengan baik, dan dinyatakan lulus pada Program Studi D3 Kebidanan,” tuturnya.

Irfan menambahkan bahwa jika dilihat dari indikator yang ada, lulusan Prodi Kebidanan sudah cukup memuaskan. Presentasi IPK yang sudah melebihi 3.25 dinilai luar biasa. Lebih lanjut, semua pencapaian itu tak lepas dari peran para dosen dan lulusan sewaktu menjadi mahasiswa.

“Pada kesempatan ini kami mengucapkan banyak terima kasih pada ibu Kajur dan jajarannya karena sudah mencapai beberapa indikator yang ada, baik pada tingkat Program Studi maupun tingkat Poltekkes,” tambahnya.

Lebih lanjut, Irfan mengatakan kepada para mahasiswa agar IPK yang ada jangan dijadikan patokan bahwa segala sesuatu akan menjadi mudah. Akan ada banyak tantangan yang dihadapi di depan. Salah satunya adalah ujian kompetensi. Karena itu, ia mengajak semua mahasiswa untuk terus berkomunikasi dengan pihak Prodi. Para dosen pun akan membuat jadwal bimbingan bagi para mahasiswa untuk membantu para lulusan dalam persiapan mengikuti ujian kompetensi nanti.

Terpantau, acara Yudisium yang dilaksanakan diikuti berlangsung secara lancar dan antusias oleh semua peserta meski dilaksanakan secara daring. Pada kesempatan itu, diberikan juga penghargaan untuk para lulusan dengan IPK tertinggi.

Baca juga: Memahami Penyebaran Covid-19 secara Asimtomatik dan Presimtomatik