sindrom penglihatan

Awas, Terlalu Lama Menatap Layar Komputer Bisa Akibatkan Sindrom Penglihatan

Medikastar.com

Menatap layar komputer selama berjam-jam telah menjadi hal yang biasa bagi masyarakat modern. Atau kebiasaan memakai gadget di ruangan yang gelap juga dapat dikatakan sebagai gaya hidup bagi sebagian besar orang.

Sadarkah Anda, jika hal-hal diatas adalah tindakan yang memaksa indra penglihatan untuk bekerja sehingga dapat mengakibatkan stress jika diberi beban berlebihan. Selain itu juga dapat memicu risiko CVS atau sindrom penglihatan komputer (SPK).

Apa itu CVS?

Computer Vision Syndrome (CVS) adalah masalah kesehatan pada mata yang diakibatkan oleh aktivitas berlebihan atau terlalu lama menatap layar komputer, tablet atau handphone (HP).

Kini, CVS menjadi masalah kesehatan yang banyak ditemui baik di kalangan pekerja kantoran hingga pada anak-anak yang kecanduan main game atau nonton lewat HP atau tablet.

Saat bekerja di depan komputer mengharuskan mata untuk terus fokus, bergerak maju-mundur, menyelaraskan dengan apa yang dilihat pada layar sehingga otot mata bekerja lebih keras daripada membaca buku atau kertas, dan elemen tamban adalah pencahayaan. Gangguan mata pada komputer bisa terjadi jika anda sudah memiliki riwayat gangguan mata sebelumnya atau jika anda memang memakai kacamata.

Apa Gejala CVS?

Melansir dari kemkes.go.id mengatakan bahwa sekumpulan gejala pada mata dan leher yang disebabkan oleh penggunaan komputer yang berlebihan adalah seperti berikut:

  • Mata menjadi buram
  • Nyeri kepala
  • Iritasi pada mata
  • Penglihatan menjadi ganda
  • Mata jadi merah dan kering
  • Rasa nyeri pada leher, pundak dan punggung

Apa Yang Bisa Dilakukan Untuk Mencegah CVS?

Beberapa perubahan sederhana dalam lingkungan anda dapat membantu anda untuk mencegah dan memperbaiki gangguan penglihatan anda. Beberapa hal yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

Sumber cahaya

Ruangan yang terlalu redup dapat menyebabkan kontras berlebihan sehingga membuat mata terasa tidak nyaman. Anda dapat mengatur pencahayaan dari komputer atau gadget anda agar tidak terlalu terang.

Pasalnya, pencahayaan yang terlalu terang dapat mempercepat kondisi mata menjadi lelah.

Gunakan teknik 20-20-20

Teknik ini dapat dilakukan dengan cara mengistirahatkan mata setiap 20 menit sekali. Istirahatkan mata setelah itu selama 20 detik dengan cara menatap objek yang berjarak 20 kaki atau kurang lebih 60 meter.

Atur jarak pandang dari layar komputer

Peneliti menemukan bahwa posisi jarak pandang yang optimal untuk melihat layar komputer adalah lebih rendah dari mata dan jarak optimal penglihatan adalah sekitar 50-66 cm atau sekitar satu rentangan tangan  sehingga anda tidak perlu untuk meregangkan leher dan membuat mata tegang.

Postur tubuh dan cara duduk

Cobalah untuk duduk dengan tegak dan sebaiknya disesuaikan dan memiliki penyokong punggung sesuai dengan posisi meja. Pastikan kalau anda duduk dengan punggung lurus dan posisi bahu ke belakang.

Posisikan siku anda dengan baik agar rileks dan terbuka membentuk huruf L. Tidak lupa dengan menapakkan kaki di lantai agar tidak menggantung.

Jangan duduk terlalu lama dan cobalah sesekali untuk regangkan otot secara rutin.

Itulah beberapa penjelasan tentang pentingnya bagi anda untuk bisa mengistirahatkan mata dari hadapan layar komputer atau telepon genggam.

Lakukan pemeriksaan mata secara teratur pada dokter spesialis mata untuk memastikan kesehatan mata Anda. (*/ctr)

Baca juga: Mengenal Hipertensi, Si Pembunuh Berdarah Dingin