Ayo Cuci Tangan yang Benar Agar Bisa Membunuh Virus Corona

MedikaStar.com – Berbagai rekomendasi telah dikeluarkan oleh pemerintah dan para ahli untuk mencegah infeksi virus Corona. Salah satu rekomendasi yang paling penting adalah mencuci tangan. Proses mencuci tangan yang tepat adalah dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Tak ketinggalan, langkah-langkah yang benar juga perlu dijalankan.

Seringkali langkah-langkah yang benar tidak diikuti dan akhirnya tangan hanya dicuci seadanya. Akan tetapi, terdapat alasan mengapa langkah-langkah mencuci tangan yang benar perlu diterapkan dengan tepat. Alasannya adalah semua virus atau bakteri yang terdapat pada tangan bisa dimatikan dengan penerapan langkah mencuci tangan yang tepat.

Terdapat beberapa langkah cuci tangan pakai sabun yang direkomendasikan oleh World Health Organization (WHO). Langkah-langkah ini memakan proses mencuci tangan selama 40 hingga 60 detik.

Langkah pertama adalah membasahi tangan pada air mengalir. Setelah itu, oleskan sabun secukupnya hingga menutupi semua permukaan tangan.

Langkah kedua adalah saling menggosokkan kedua telapak tangan.

Langkah ketiga adalah gosokkan telapak tangan kanan pada punggung tangan kiri. Lalu lakukanlah sebaliknya.

Langkah keempat adalah jalin jari-jari dari kedua tangan. Setelahnya, gosok celah-celah jari tersebut.

Langkah kelima adalah gerakan mengunci antara kedua tangan. Letakkan pungung jari ke telapak tangan yang lain dengan jari-jari kedua tangan saling bertautan.

Langkah keenam adalah tangan kanan menggenggam ibu jari tangan kiri dan digosok secara rotasi. Lalu, lakukan pada ibu jari sebaliknya.

Langkah ketujuh adalah ujung-ujung jari tangan kanan menggosok telapak tangan kiri secara melingkar. Lakukan juga sebaliknya.

Langkah kedelapan adalah bilas tangan dengan air hingga semua sabun tercuci bersih dari tangan. Setelah itu, keringkan tangan dengan handuk bersih. Tangan yang dicuci sudah menjadi bersih.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika sedang mencuci tangan. Ketika mencuci tangan, kedua tangan perlu digosok dengan baik atau tidak hanya dioleskan sabun lalu dibilas. Alasannya karena air dan sabun yang digunakan berguna untuk mengusir atau membunuh kuman berupa virus dan bakteri.

Pada virus Corona (Sars-CoV-2), zat antiseptik dari sabun yang menyentuh membran pembungkus virus tersebut akan memecahkanya. Pecahnya membran pembungkus tersebut akan membuat virus Corona mati.

Virus Corona yang berukuran sangat kecil bisa saja terselip pada bagian tangan lainnya. Oleh karena itu, semua bagian tangan perlu digosok dengan benar.

Hal berikut yang perlu diperhatikan adalah tangan harus benar-benar dikeringkan setelah dicuci. Kuman sangat menyukai tempat yang lembab. Jadi, jika tak dikeringkan, kuman akan tetap tinggal. Pengeringan menggunakan handuk, kain, atau tisu yang benar juga akan menyingkiran kuman yang mungkin saja masih tinggal di tangan.

Yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah waktu-waktu untuk mencuci tangan. Center for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan kapan saja waktu untuk mencuci tangan. Mencuci tangan perlu dilakukan saat sebelum dan sesudah mempersiapkan makanan. Selanjutnya, sebelum makan, setelah menggunakan toilet, dan setelah menyentuh sampah.

Sebelum dan sesudah merawat orang yang mengalami muntah-muntah atau diare juga adalah waktu untuk mencuci tangan. Lalu, sebelum dan sesudah merawat luka, serta setelah menutup hidung dan mulut saat batuk atau bersin. Setelah menyentuh hewan, makanan hewan, atau sampah dari hewan, tangan juga harus dicuci bersih.

Langkah-langkah cuci tangan tersebut juga berlaku saat seseorang hendak menggunakan hand sanitizer. Dengan benar-benar menggosok semua bagian tangan, virus atau bakteri yang terdapat pada seluruh bagian tangan akan mati.

Tangan anda membawa hampir semua kuman pada saluran pernapasan anda. Menjaga tangan sebersih mungkin akan sangat membantu. Ini akan sangat dramatis mengurangi penularan jika orang melakukannya dengan baik.” kata Dr. Adit Ginde, seorang Profeor emergency medicine dari The University of Colorado School of Medicine pada The New York Times.

Gerakan mencuci tangan bertujuan untuk membersihkan kuman dari seluruh bagian tangan. Ketika menjalankan setiap langkah-langkah mencuci tangan dengan benar, tangan akan bersih dari segala jenis kuman penyakit, termasuk virus Corona. (har)

Baca juga: Kabupaten/Kota Diminta Segera Bentuk Gugus Tugas Penanganan Covid-19