Bau Mulut Sesudah Pakai Masker? Begini Cara Mengatasinya

medikastar.com

Masker adalah salah satu benda yang sangat penting bagi semua orang saat ini. Alasannya tentu saja karena Covid-19 yang mengancam dapat dicegah dengan penggunaan masker secara benar dan ketaatan terhadap protokol kesehatan lainnya. Kendati demikian, pemakaian masker masih menjadi keluhan oleh beberapa orang karena menimbulkan ketidaknyamanan bagi penggunanya.

Salah satu keluhannya, beberapa pengguna masker sering kali memiliki bau mulut sesudah memakai masker. Lantas, apa yang menjadi penyebab hal tersebut? Bagaimana pula cara mengatasinya?

Saat mengenakan masker, biasanya orang-orang akan bernapas menggunakan mulut, bukan hidung. Pengguna masker juga sering kali memiliki kecenderungan untuk bernapas lebih cepat. Kecenderungan tersebut akan membuat mulut menjadi kering. Dengan kata lain, tidak terdapat air liur yang cukup di area mulut untuk membersihkan sisa-sisa atau partikel makan yang tertinggal.

Selain itu, risiko bau mulut dapat meningkat ketika pengguna masker tidak menjaga kebersihan mulut secara baik. Contohnya seperti tidak menggosok gigi secara rutin dan benar.

Karena itu, saat hendak beraktivitas menggunakan masker sepanjang hari, ingatlah untuk menggosok gigi pada pagi dan malam hari. Sebagai tambahan, berkumurlah menggunakan pembersih mulut atau listerine untuk membuat mulut lebih segar. Ingatlah juga untuk mengonsumsi air secara cukup agar mulut tidak kering.

Alasan berikutnya mengapa mulut bisa menjadi bau sesudah memakai masker adalah konsumsi makanan dan minuman yang berbau. Makanan dan minuman tersebut seperti kopi, bawang, telur, serta makanan yang pedas. Jenis makanan dan minuman yang telah disebutkan biasanya menyebabkan bau mulut dengan cara melepaskan sulfida di mulut. Zat ini memiliki bau yang tidak sedap.

Untuk mengatasinya, konsumsilah makanan lain yang bisa merangsang produksi air liur guna  membersihkan sisa makanan yang tertinggal di mulut. Contohnya seperti lemon, peterseli, apel, wortel, serta buah dan sayuran segar lainnya.

Jenis makanan berikut yang bisa membuat mulut menjadi bau saat memakai masker adalah gula, biskuit, dan berbagai varian coklat. Makanan-makanan ini akan membuat bakteri yang terdapat di mulut menjadi lebih aktif, apalagi jika kebersihan mulut tidak dijaga. Merokok dan mengonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan bau mulut. Karena itu, hindarilah mengonsumsi beberapa benda ini saat hendak memakai masker.

Selanjutnya, kondisi kesehatan juga dapat menyebabkan bau mulut ketika seseorang bermasker. Bau mulut bisa disebabkan oleh alergi atau sinus kronis, hingga gastroesofagus atau GERD. Sinus kronis yang membuat hidung tersumbat akan membuat pernapasan lebih banyak dilakukan melalui mulut. Hal ini membuat mulut menjadi kering dan menyebabkan bau mulut.

Di sisi lain, orang dengan GERD sering kali memuntahkan makanan dan membuat asam lambung naik. Alhasil, mulut akan menjadi bau setelahnya. Untuk kondisi seperti ini, periksakanlah diri untuk mendapatkan penanganan dan obat yang cocok demi memulihkan tubuh. Khusus untuk GERD, jika tidak segera diobati, penyakit ini bisa berkembang menjadi sesuatu yang lebih serius seperti kanker.

Terdapat berbagai macam alasan yang mendasari seseorang bisa memiliki bau mulut sesudah memakai masker. Karena itu, temukanlah penyebabnya dan atasilah segera. Menciptakan kenyamanan dalam penggunaan masker juga menjadi hal yang penting. Tujuannya agar pengguna masker dapat tetap beraktivitas secara aman, semangat, dan produktif.