Berbagai Kalangan Ramaikan Gerakan Pakai Masker Nasional

MedikaStar.com

Sejak beberapa waktu yang lalu, gerakan pakai masker tengah menjadi tren di berbagai penjuru daerah Indonesia. Suatu hal yang sangat positif, mengingat penggunaan masker merupakan salah satu hal terpenting untuk dilakukan di masa pandemi saat ini.

Gerakan pakai masker disebarkan melalui berbagai pihak dan media yang variatif. Tak hanya menjadi aturan yang perlu dipatuhi, bentuk gerakan positif ini tentu dapat mendorong semua pihak untuk menerapkan protokol kesehatan sebagai suatu gaya hidup yang baik dan kreatif.

Berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakkan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, dimuat berbagai arahan dari Pemerintah, termasuk kepatuhan dalam menggunakan masker.

Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Promosi Kesehatan mulai menyebarkan informasi tentang gerakan pakai masker sejak bulan lalu. Dalam sebuah materi cetak yang disebarluaskan, tertulis “Jangan Kendor! Disiplin Pakai Masker” sebagai sebuah kalimat motivasi bagi orang-orang yang membacanya. Kampanye dan beberapa bentuk arahan juga sudah dilakukan oleh Pemerintah dan pihak terkait di waktu-waktu sebelumnya.

Gerakan pakai masker pun gencar disebarluaskan oleh berbagai pihak. Pemerintah Pusat dan Daerah dalam berbagai kesempatan selalu menyuarakan hal ini kepada masyarakat. Contohnya saat sedang berpidato, konferensi pers, pertemuan atau rapat, dan kesempatan lainnya.

Tak hanya pemerintah, masyarakat secara individu, para influencer, artis, maupun komunitas juga secara masif menyebarkan informasi mengenai gerakan pakai masker. Berbagai cara kreatif dilakukan untuk mendukung gerakan ini.

Contohnya seperti mengajak kenalan untuk mengunggah postingan foto dengan pose menggunakan masker di media sosial dan ditandai kepada orang lain sebagai bentuk tantangan. Cara lainnya adalah dengan membuat tulisan, meme, konten-konten, hingga karya seni untuk mengajak orang lain dalam menggunakan masker.

Artikel terkait: Tidak Suka Pakai Masker? Ini Tips Menggunakan Masker secara Nyaman

Berbagai tagline atau caption yang memotivasi digunakan dalam gerakan pakai masker. Beberapa yang tersebar di media sosial antara lain, “Lindungi Kamu dan Aku”, “Merdeka Tanpa Corona”, dan masih banyak lagi.

Semua pihak yang bergabung dalam gerakan ini juga dapat membuat caption unik dan kreatif lainnya untuk memotivasi orang lain agar mau menjalankan protokol kesehatan. Kampanye dapat dilakukan dengan menggunakan beragam media yang ada.

Tak hanya gerakan pakai masker yang dijalankan, pihak berwenang seperti Polisi, Satpol PP, serta TNI juga mendukung upaya ini. Pihak-pihak tersebut terlibat aktif dalam mensosialisasikan, mengontrol, hingga menindak orang-orang yang tidak menjalankan aturan ini. Penindakkan bagi masyarakat yang melanggar protokol kesehatan ini dilakukan dalam bentuk denda, pembinaan, hingga hukuman pidana.

Upaya-upaya tersebut dijalankan sebagai bentuk dari pelaksanaan Inpres Nomor 6 Tahun 2020. Dalam arahan Presiden tersebut, Pemerintah Daerah, dalam hal ini Gubernur, serta Bupati dan Walikota menetapkan aturan penegakkan protokol kesehatan. Aturan yang dibuat juga memuat sanksi bagi para pelanggar.

Penggunaan masker bukanlah suatu beban, tapi upaya positif untuk melindungi diri dan orang-orang sekitar dari penyebaran Covid-19. Mari ajak orang-orang di sekitar kita untuk bergabung dalam gerakan pakai masker.

Bersama-sama, kita ciptakan kedisiplinan terhadap protokol kesehatan dengan cara yang mengasyikan. Banyak orang sudah bergabung dalam Gerakan Pakai Masker Nasional. Jadi, ayo segeralah bergabung! (har)

Baca juga: Gubernur NTT: Mari Bersinergi Agar Masyarakat Yakin Negara Hadir di NTT