Beri Kuis Ala Jokowi, Menteri Kesehatan RI Justru Diserbu Ribuan Anak Malaka

Betun, MedikaStar.com

Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, Sp.M (K) mengadakan kuis berhadiah sepeda bagi anak-anak seperti yang selalu dilakukan oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Hal ini dilakukan oleh Nila saat mencanangkan Bulan Eliminasi Kaki Gajah (Belkaga) Nasional tahun 2019 di Betun, Kabupaten Malaka, NTT, Jumat (04/10/19). Kuis ini diberikan khusus untuk 5 anak, tetapi yang terjadi justru Nila diserbu oleh ribuan anak-anak yang berada di lapangan umum Betun, tempat diselenggarakannya acara.

“Ayo anak-anak, saya minta 5 orang untuk maju dan menjawab pertanyaan saya, nanti saya berikan hadiah sepeda. Ayo siapa yang berani silahkan maju ke depan,” kata Nila kepada ribuan anak-anak yang memadati lapangan umum Betun tersebut.

Mendengar perkataan Menteri Kesehatan tersebut, spontan ribuan anak-anak langsung berlari ke atas panggung sambil berteriak, “saya bu, saya bu!”

Alhasil panitia kegiatan harus berusah payah memenangkan anak-anak tersebut dan memilih 5 di antara mereka.

Kepada 5 anak yang dipilih, Nila mengajukan pertanyaan mengenai apa kepanjangan dari Belkaga, bulan pencanangan Belkaga, dan 3 pertanyaan lainnya. Semua pertanyaan ini dijawab secara tepat oleh kelima anak yang dipilih.

Sementara untuk ribuan anak lainnya yang tidak ditunjuk, mereka diberi kesempatan untuk berpose bersama Nila dalam beberapa sesi foto.

Sebagaimana diberitakan oleh media ini sebelumnya, Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, Sp.M (K) mencanangkan Bulan Eliminasi Kaki Gajah (Belkaga) Nasional tahun 2019 di Betun, Kabupaten Malaka, Jumat (04/10/19).

5 anak yang memperoleh sepeda dari Menteri Kesehatan

Pencanangan ini ditandai dengan pemukulan Bibiliku oleh Menteri Kesehatan, Nila Moeloek; Gubernur NTT yang diwakili oleh Sekda NTT, Ir. Benediktus Polo Maing; Dirjen P2P Kemenkes RI, dr. Anung Sugihantono, M.Kes; Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH (SBS) dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Dr.drg. Dominikus Mere, M.Kes. Selain itu, dilakukan juga penyerahan obat secara simbolis dari Menteri Kesehatan RI kepada Gubernur NTT dan dilanjutkan dengan minum obat filariasis secara serempak oleh semua yang hadir dalam kesempatan tersebut.

Acara ini dimeriahkan oleh hadirnya ribuan penari yang merupakan para pelajar di Kabupaten Malaka yang tampil dengan busana adat dan menari Likurai serta Bidulalok saat Menteri Kesehatan dan rombongan memasuki tempat acara.

Dalam acara ini, Menteri Kesehatan RI juga memberikan sertifikat eliminasi filariasis kepada 5 Bupati di Indonesia yang daerahnya telah mengeliminasi filariasis. Kelima bupati tersebut antara lain Bupati Labuah Batu Provinsi Sumatra Utara, Bupati Pelalawan Provinsi Riau, Bupati Walikota Serang Provinsi Banten, Walikota Tanggeran Provinsi Banten, dan Walikota Tanggeran Selatan Provinsi Banten.

Selain itu, Menteri Kesehatan memberikan sertifikat eliminasi malaria kepada beberapa Bupati, yakni Bupati Nagan Raya Provinsi Aceh, Bupati Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Bupati Mamuju Provinsi Sulawesi Barat, Bupati Mamasa Provinsi Sulawesi Barat, Bupati Selayar Provinsi Sulawesi Selatan, dan Bupati Katingan Provinsi Kalimantan Tengah.

Menteri Kesehatan juga menganugerahkan Sertifikat penghargaan sebagai penyelenggaran pencanangan Belkaga Nasional kepada Gubernur NTT dan juga Bupati Malaka. (*/red)

Baca Juga: 2 Permintaan Bupati Malaka ini Langsung Dijawab Menteri Kesehatan RI

Video:

Gubernur NTT Menari Hegong bersama KKBM Kupang

Advertisement