eky gonang.jpeg

Bukan Dokter Biasa, Dokter ini Juga Ahli Digital Marketing

Kota Kupang, MedikaStar.com

Era digital dan internet telah membuka peluang-peluang baru bagi manusia dalam mengembangkan dirinya. Karena keterbukaan akses informasi memungkinkan setiap orang belajar hal-hal baru di luar apa yang menjadi fokus studinya selama masa pendidikan.

Hal inilah yang dialami dan dijalani dr. Eky Gonang, seorang dokter umum tamatan Univeristas Nusa Cendana Kupang. Meski punya latar belakang pendidikan sebagai seorang dokter, tetapi karena kemauan yang besar, kebutuhan untuk mengembangkan usaha dan juga melihat peluang di bidang digital dan internet, dr. Eky kemudian menggeluti dunia pemasaran digital (digital marketing) dan menjadi ahli di bidang tersebut.

“Awal menggeluti dunia digital marketing itu sekitar tahun 2018. Waktu itu saya lagi merintis beberapa usaha kecil, termasuk klinik. Saat itu saya mengalami hambatan dalam bidang promosi. Tiap hari kita beli kertas sampai berim-rim untuk cetak leaflet, brosur, tetapi kok dampaknya kecil,” kenang dr. Eky.

“Lalu teman saya merekomendasikan sebuah pelatihan digital marketing, ilmu yang cukup update, yang berkaitan dengan sosial media. Memang dulu saya juga sering posting-posting di Facebook, Instagram, tetapi saya heran efeknya kecil sekali. Jadi saya ikut kursus digital marketing di Bandung berdasarkan rekomendasi teman saya itu,” lanjut dr. Eky.

Kursus awal itu, dan kursus-kursus lanjutannya, baik secara offline maupun online, termasuk kursus tentang Disruptive Digital Marketing dari Oxford, membuka wawasan dan pemahaman dr. Eky tentang dunia digital marketing. Ilmu yang didapat itu kemudian diterapkan dalam mengembangkan usaha-usaha yang dirintisnya.

“Dan sejak saya menekuni dunia digital marketing, usaha-usaha yang saya mulai itu lebih cepat bertumbuh dan berkembang,” ujarnya.

Lebih jauh dr. Eky menjelaskan bahwa digital marketing itu tidak sekadar posting-posting di media sosial seperti facebook atau instagram. Digital marketing itu adalah ilmu yang harus dipelajari dan terus menerus diperbaharui karena dia berkembang sesuai perkembangan teknologi dan perubahaan perilaku manusia mengikuti perkembangan tersebut.

“Ada ilmunya soal digital marketing. Mulai dari konten, desain, copywriting, settingan iklan, dan masih banyak lagi. Dan ini sangat penting bagi siapapun untuk mengembangkan dirinya, mengembangkan usahanya, maupun mengembangkan instansi di mana dia bekerja. Karena era sekarang adalah era teknologi 4.0 dimana internet dan digital menjadi kebutuhan kita setiap hari,” terang dr. Eky.

Ilmu digital marketing yang dipelajari dr. Eky tak hanya dia pakai untuk mengembangkan usahanya. Di bawah perusahaan teknologi Digitalized King atau yang biasa disingkat DKing yang dipimpinnya, ilmu digital marketing yang dia peroleh dia pakai untuk membantu lembaga atau instansi seperti koperasi dan lembaga pendidikan, dan pelaku usaha, serta individu dan politisi agar lebih dikenal luas sehingga dapat bertumbuh dan berkembang sesuai target dari masing-masing lembaga, instansi atau individu tersebut. (*)

Baca juga: Kopdit Obor Mas Siap Bekali Anggota di Soe dan Belu dengan Pendidikan Dasar dan Literasi Keuangan