Cara Menggunakan Masker Ganda yang Benar di Tengah Amukan Covid-19 Jilid Dua

MedikaStar.com

Sejak pandemi Covid-19 semakin merajalela di Indonesia, “sedia masker sebelum keluar rumah” adalah pesan wajib bagi setiap orang. Masker sendiri adalah atribut yang harus digunakan sebagai salah satu cara menghindari penularan virus Corona.

Saat ini, Indonesia kembali mengalami lonjakan kasus Covid-19 seiring dengan merebaknya varian corona Delta. Varian Delta diketahui lebih cepat menular 10-15 detik saat berpapasan dengan orang lain yang tidak menggunakan masker. Oleh sebab itu, Kemenkes  menyarankan agar masyarakat dapat menggunakan double mask (masker ganda/dua lapis) saat keluar rumah. Hal tersebut bertujuan untuk sebagai tambahan filtrasi.

Di tengah amukan Covid-19 ini, double mask disebut sebagai cara yang efektif untuk mencegah penularan. Dilansir dari alodokter.com, penelitian mengatakan bahwa masker medis dapat menghalangi penularan virus sebanyak 83,4%. Namun ketika di-double dengan masker kain maka perlindungannya meningkat hingga 96,4%. Hal tersebut dikarenakan kombinasi antara masker medis dan masker kain dapat memberikan perlindungan yang lebih baik bagi setiap individu.

Penggunaan Double Mask yang Benar

Menggunakan double mask harus dilakukan dengan cara yang benar agar dapat secara efektif dalam proses pencegahan penularan virus Covid-19. Simak cara pakai double mask yang benar dibawah ini agar tidak salah kaprah ya, sobat!

  • Gunakan masker medis atau bedah sebagai lapisan pertama. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan masker medis yaitu, pastikan kawat tipis yang terdapat pada bagian atas masker ditekan kearah wajah sehingga bentuknya mengikuti hidung anda. Dan perlu diingat jika masker medis dianjurkan untuk sekali pemakaian sehingga apabila sudah kotor, basah atau tidak sengaja menyentuh benda lain maka harus diganti.
  • Pada bagian luar, lapisi masker medis dengan masker kain yang ukurannya pas dengan wajah anda. Masker kain berfungsi untuk memastikan bahwa pada sisi kiri, kanan dan dagu dapat tertutup rapat sehingga tidak memungkinkan virus untuk masuk.
  • Pastikan tali masker dikaitkan dengan baik pada telinga ataupun dapat diikat pada bagian belakang kepala anda.
  • Dan yang paling penting dari penggunaan double mask ini adalah pastikan bahwa anda tetap bisa untuk bernapas secara nyaman dan tidak merasa pusing.
  • Anda tidak disarankan untuk menggunakan masker medis dengan masker medis lainnya, hal tersebut dapat mengurangi perlindungan untuk bekerja secara efektif.
  • Masker medis KN95 sangat tidak disarankan untuk dapat digunakan secara double dengan masker kain, karena masker  tersebut telah memiliki kemampuan untuk menyaring udara tingga perlu lagi dilapisi masker lain.

Selain menggunakan double mask, Anda juga tetap harus memperhatikan prokes yaitu dengan melakukan 5M setiap saat dan di mana pun Anda berada. Tidak lupa juga untuk mendapatkan vaksin Covid-19 yang berguna sebagai mantel pelindung diri Anda dan orang-orang terkasih dari virus ini. (ctr/*)

Baca juga: Vaksinasi untuk Anak 12-17 Tahun Sudah Dimulai, Perhatikan Hal-hal Berikut