Ciptakan Rutinitas yang Variatif untuk Mencegah Stres di Masa Pandemi

MedikaStar.com

Sudah beberapa bulan ini masyarakat menjalani masa pandemi covid-19. Anjuran untuk di rumah saja tentu membuat banyak orang menjadi bosan. Hal ini mungkin saja dikarenakan rutinitas yang terbilang itu-itu saja. Rasa bosan bisa meningkatkan stress dan akhirnya memicu penurunan daya tahan tubuh.

Karena itu, masyarakat perlu pandai mengatur aktivitas sekreatif mungkin. Dengan menciptakan rutinitas yang variatif, rasa stres dapat dicegah selama masa pandemi ini.

Dilansir dari Healthline, sebuah studi yang dilakukan baru-baru ini menunjukkan hasil bahwa terdapat hubungan antara lingkungan sekitar dan perasaan bahagia yang muncul. Penelitian tersebut dipublikasikan dalam jurnal Nature Neuroscience.

Aaron Heller, PhD sebagai salah satu penulis studi tersebut sedikit mengisahkan tentang penelitian tersebut. Ia mengutarakan bahwa penelitian yang mereka lakukan ingin menunjukkan bahwa pengalaman baru yang beragam setiap hari memiliki keterkaitan dengan emosi positif.

Dalam membuktikan hubungan antara keragaman aktivitas dan emosi yang positif, para peneliti menggunakan pelacakan GPS dari para peserta yang berada di New York dan Miami. Hal tersebut dilakukan selama tiga sampai empat bulan.

Selama waktu tersebut, para peserta penelitian diminta mengirimkan perasaan yang mereka alami melalui pesan singkat. Mereka rutin melaporkan emosi positif atau negatif yang mereka alami. Melalui hal tersebut, peneliti melaporkan bahwa orang dengan aktivitas yang memiliki variasi lokasi dan kegiatan memiliki emosi positif seperti rasa fokus, bersemangat, santai, bahagia, dan kuat.

Selain menggunakan metode pelacakan GPS, peneliti juga melihat aktivitas otak dari para peserta untuk membuktikannya. Sebagian dari peserta penelitian kemudian diarahkan ke laboratorium dan menjalani pemindaian dengan menggunakan MRI.

Jenis pemindai yang digunakan adalah fMRI atau functional magnetic resonance imaging. Alat ini dapat mengamati perubahan aliran darah di dalam otak untuk menentukan area mana yang aktif selama masa tertentu. Hasilnya, mereka menemukan bahwa kaitan terkuat antara beragam pengalaman dan perasaan positif juga memiliki hubungan yang kuat dengan hipokampus dan striatum.

Hipokampus merupakan bagian dari otak besar. Bagian otak yang terletak di lobus temporal ini berperan dalam kegiatan mengingat atau memori dan navigasi ruangan. Sedangkan, striatum adalah komponen penting dari motor dan sistem penghargaan yang berfungsi mengkoordinasikan berbagai aspek kognisi, perencanaan motorik dan tindakan, pengambilan keputusan, motivasi, penguatan, dan persepsi penghargaan.

“Kita merasa lebih bahagia ketika kita memiliki variasi dalam rutinitas harian kita. Pada gilirannya, kita lebih cenderung mencari pengalaman baru ketika kita berada dalam suasana hati yang lebih positif,” kata Aaron yang juga merupakan asisten profesor Psikologi di Universitas Wisconsin, Madison, Amerika Serikat.

Para peneliti mengaku cukup sulit untuk menerapkan hasil penelitian tersebut dalam masa pandemi yang sedang berlangsung. Alasannya karena masyarakat kemungkinan besar hanya menghabiskan waktunya di rumah saja. Meski begitu, rutinitas yang variatif tetap dapat dilakukan.

“Ada banyak alasan untuk berpikir bahwa jenis kebaruan lainnya mungkin juga memiliki efek yang sama. Jadi, bacalah buku-buku baru, tonton pertunjukkan baru, dengarkan musik baru, tantang diri anda untuk belajar dan lakukan hal-hal yang baru,” kata James M. Hyman, PhD yang adalah seorang asisten profesor Psikologi di Universitas Nevada, Las Vegas, Amerika Serikat.

Selain menjaga emosi agar tetap positif dan tidak stres, menciptakan rutinitas dan kegiatan baru juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kreativitas. Kreativitas yang meningkat akan berguna sebagai nilai tambah bagi para pekerja atau pelajar dalam penerapannya di dunia kerja dan pendidikan.

Sekarang ini, cukup banyak metode, materi, serta tutorial yang bertebaran secara gratis di internet. Hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk mempelajari kemampuan atau skill yang baru. Selain itu, mungkin saja hobi-hobi yang sudah ada bisa dimaksimalkan atau ditingkatkan selama berada di rumah.

Tetap semangat dalam menjalani semua aktivitas dalam masa pandemi covid-19, healthies! Jaga kesehatan dan kembangkan hal-hal baru yang bisa berguna bagi kehidupan kita selama berada di rumah. Salam sehat! (har)

Baca juga: Matahari Lockdown, Apa Efeknya bagi Pandemi yang Sedang Berlangsung?