manfaat kopi bagi kesehatan

Daftar Manfaat Kopi bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui!

Medikastar.com

Kopi merupakan minuman paling populer dan tidak sedikit orang memiliki rutinitas untuk minum kopi sebelum beraktivitas. Dibalik rasanya yang pahit, kopi memiliki banyak manfaat bagi tubuh, termasuk menurunkan risiko kanker.

Kopi kaya akan antioksidan dan nutrisi yang sangat menyehatkan. Dalam satu cangkir kopi disebut mengandung vitamin B2, vitamin B5, mangan, kalium, magnesium, dan niacin.

Manfaat Kopi bagi Kesehatan

Kopi adalah minuman stimulan yang mengandung kafein. Kandungan tersebut dapat meningkatkan energi, kewaspadaan, suasana hati, serta fungsi otak.

Berikut beberapa manfaat kopi yang harus Anda ketahui:

Menjaga kesehatan jantung

Mengutip dari hellosehat.com, Harvard School of Public Health mengatakan bahwa minum kopi secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Minum 4 atau lebih cangkir kopi per hari diberitahukan dapat menurunkan 20% risiko stroke dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi sama sekali.

Menurunkan risiko kanker

Kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di dunia. Gejala kanker ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali dalam tubuh.

Kopi diklaim dapat menurunkan risiko kanker hati dan kanker kolorektal. Selain itu, studi Elsevier (2007) menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko kanker hati 40% lebih rendah.

Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Melansir dari alodokter.com, minum kopi sebanyak dua cangkir per hari dapat mencegah resistensi insulin dan menurunkan risiko terjadinya diabetes tipe 2. Hal ini diyakini karena kopi mengandung kafein didalamnya.

Melindungi organ hati

Hati merupakan organ yang memiliki banyak fungsi penting bagi tubuh. Mengutip dari kompas.com, orang yang minum empat cangkir kopi per hari terbukti memiliki risiko hingga 80% lebih rendah mengalami sirosis hati.

Memelihara kesehatan otak

Minum kopi diketahui bermanfaat untuk memelihara kesehatan otak. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa konsumsi kopi dapat mengurangi risiko terjadinya demensia atau pikun. Selain itu, anda juga perlu untuk memenuhi asupan makanan bergizi yang berasal dari buah dan sayur serta olahraga.

Meningkatkan suasana hati

Minum kopi dapat meningkatkan tekanan darah sebesar 3 sampai 4 mm/Hg. Biasanya efeknya akan ringan dan hilang jika minum kopi secara teratur.

Khasiat kafein dalam kopi dinilai mampu untuk meningkatkan suasana hati atau mood. Mood yang baik pada akhirnya akan membantu untuk menurunkan depresi dan mecegah risiko bunuh diri.

Itulah beberapa manfaat kopi bagi kesehatan yang perlu anda ketahui. Tetapi, perlu diingat bahwa konsumsi kopi dalam jumlah berlebihan justru akan berpotensi mempengaruhi kesehatan. Jadi konsumsi kopi seperlunya ya! (*/ctr)

Baca juga: NTT Masuk 3 Besar Kasus Harian Covid-19 di Indonesia