lingkungan kerja toxic

Dampak Lingkungan Kerja yang Toxic bagi Kesehatan Mental

Medikastar.com

Banyak orang menghabiskan waktunya dari Senin sampai Jumat di tempat kerja. Bahkan tidak menutup kemungkinan bagi beberapa orang masih masuk kerja di akhir pekan. Sehingga tempat kerja sudah menjadi rumah kedua bagi para karyawan kantor.

Bekerja memang membutuhkan otak, semangat dan kadang juga jadi sangat melelahkan, apalagi ditambah dengan lingkungan kerja yang toxic.

Berada dalam lingkungan kerja yang toxic, selain dapat menghambat pekerjaan, juga bisa memberi pengaruh serta dampak negatif bagi mental seseorang. Simak lengkapnya di bawah ini ya!

Pengaruh Lingkungan Kerja bagi Kesehatan Mental

Setiap lingkungan kerja memiliki dampak positif dan negatif bagi kesehatan psikologi para karyawannya. Banyak faktor penyebabnya, mulai dari soal gaji hingga rekan kerja yang sering bersinggungan hampir setiap hari.

Tingkat stres seseorang akan meningkat apabila faktor tidak berjalan sesuai keinginannya. Saat beban semakin menumpuk maka produktivitas pun akan menurun.

Menjaga kesehatan saat dalam tekanan di lingkungan kerja toxic sangatlah penting. Salah satu cara untuk menjaga agar kesehatan mental anda tetap sehat adalah membicarakannya dengan rekan kerja agar tidak mempengaruhi kinerja orang lain.

Dampak Lingkungan Kerja Toxic

Semangat kerja menurun

Saat bekerja dalam lingkungan kerja yang toxic, pada awalnya memang anda akan bersikap mengacuhkan dan bodo amat. Tetapi apabila dibiarkan maka lama-kelamaan hal tersebut akan membuat anda merasa lelah sehingga semangat kerja anda pun akan menurun seiring berjalannya waktu.

Sulit untuk mengontrol emosi

Saat anda merasa tidak nyaman dengan lingkungan kerja yang toxic maka hal tersebut akan sangat berpengaruh pada bagaimana cara anda dalam mengontrol emosi.

Lingkungan kerja yang toxic membuat anda akan lebih sering marah-marah dan jadi lebih sensitif.

Stress meningkat

Selain emosi menjadi tidak terkontrol, bekerja dalam lingkungan yang toxic juga membuat tingkat stres anda jadi meningkat.

Jika sudah merasa stress dengan lingkungan kerja anda, jangan memaksakan diri ya.

Tanpa sadar juga ikut menjadi toxic

Saat anda berada dalam lingkungan yang toxic maka tanpa sadar anda pun mau tidak mau akan menjadi toxic juga. Karena lingkungan anda sangat berpengaruh pada gaya hidup dan juga bagi mental anda.

Cara Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental di Tempat Kerja

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memprioritaskan keseimbangan antara waktu kerja dan juga waktu pribadi. Karena saat anda mempunyai waktu untuk diri sendiri maka anda jadi lebih rileks.

Selain itu, melakukan kegiatan di luar kantor juga dapat mendorong seseorang untuk bisa pulih dari gangguan mental. Anda bisa menjadi sukarelawan, berlibur atau menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga.

Ingat ya, bekerja boleh tetapi kesehatan mental anda juga sama pentingnya dengan pekerjaan anda! (*/ctr)

Baca juga: Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Stres dan Depresi