Dokter Internsip di NTT Diharapkan Ikut Terlibat ‘Perangi’ Stunting

Kota Kupang, medikastar.com

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Dr. Drg Dominikus Mere, M.Kes mengharapkan agar 101 orang dokter peserta Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) Provinsi NTT Angkatan I Tahun 2020 ikut terlibat ‘memerangi’ stunting di NTT.

Para dokter ini akan dibekali dengan pemahaman mengenai stunting agar dapat berpartisipasi dalam upaya pencegahan dan penanganan stunting di NTT. Hal tersebut disampaikan olehnya di sela-sela kegiatan Pelepasan dan Pembekalan Dokter Internsip Periode I tahun 2020 yang berlangsung di Aston Hotel Kupang, Kamis (13/02/20).

“Mereka akan kita berikan pembekalan dan penguatan serta pemahaman mengenai stunting dan kita harapkan mereka dapat memahami hal tersebut secara baik. Dengan memahami secara baik, kita harapkan di lapangan nanti mereka menjadi agent of change, mereka menjadi orang yang dapat memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pencegahan dan penanganan stunting,” kata drg. Dominikus.

Terkait stunting tersebut, drg. Dominikus juga menyinggung apa yang disampaikan oleh Gubernur NTT, Viktor Laiskodat saat melaksanakan kunker di TTS. Menurutnya, Gubernur NTT telah menekankan demi mengatasi stunting, respon petugas medis harus lebih cepat dalam menemukan ibu-ibu hamil. Diharapkan dengan menemukan para ibu hamil, pencegahan stunting bisa dilakukan sejak dini.

“Tidak hanya tenaga medis, peran lintas sektor, seperti para kepala desa, tim doa, dan sebagainya semuanya harus bersinergi menemukan ibu-ibu hamil sehingga dengan menemukan mereka lebih awal, mereka bisa ditangani secara serius juga sejak awal,” tegas drg. Dominikus.

Sebagaimana diberitakan oleh media ini sebelumnya, Provinsi NTT melalui Dinas Kesehatan Provinsi secara resmi melepas 116 orang dokter peserta Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) Provinsi NTT Angkatan I Tahun 2019. Di moment yang sama NTT secara resmi pula menyambut 101 dokter peserta PIDI Provinsi NTT Angkatan I Tahun 2020.

101 dokter peserta PIDI Provinsi NTT Angkatan I Tahun 2020 yang diterima dalam acara yang berlangsung di Aston Hotel Kupang, Kamis (13/02/20) ini berasal dari 34 Institusi Pendidikan Kedokteran di berbagai wilayah di seluruh Indonesia.

Terpantau hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Pusat Perencanaan dan Pendayagunaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (PPSDMK), dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS dan tim serta Ketua Komite Internsip Dokter Indonesia (KIDI) Pusat yang diwakili Ketua Sub Komite Peserta, dr. Hermin Widjadjanti, Sp.A (K).

Selain itu, hadir pula Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Dr. drg. Dominikus Mere, M.Kes dan beberapa direktur rumah sakit serta para dokter pendamping dari masing-masing wahana internsip periode I. (*/red)

Baca Juga: Lepas 116 Dokter Internsip, NTT Kembali Terima 101 Dokter Internsip Baru