dr. Eky Gonang: Digital Marketing Sangat Penting untuk Pelaku Usaha, Instansi, Maupun Individu

Kota Kupang, Medikastar.com

Perkembangan teknologi telah mengubah banyak hal dalam kehidupan manusia. Salah satunya adalah pemasaran atau promosi produk, jasa, maupun individu. Dengan adanya internet proses pemasaran menjadi lebih mudah, cepat, dan efektif.

“Karena itu peluang pemasaran baru yang dikenal dengan pemasaran digital atau digital marketing ini sangat penting bagi siapa saja, terutama pelaku usaha, instansi maupun individu,” ujar dr. Eky Gonang, dokter yang menggeluti dunia digital marketing sejak tahun 2018 lalu.

Secara sederhana, digital marketing adalah strategi pemasaran yang melibatkan penggunaan situs web, perangkat seluler, media sosial, mesin pencari, dan saluran serupa lainnya. Setiap upaya memasarkan, mempromosikan, dan membangun branding melalui teknologi digital dan internet termasuk di dalam kegiatan digital marketing.

Lebih jauh dr. Eky menjelaskan mengapa digital marketing ini sangat penting bagi siapa saja, terutama pelaku usaha, instansi maupun individu. Menurutnya, ada tiga alasan paling mendasar mengapa digital marketing ini sangat penting.

Pertama, untuk membangun brand awareness atau kesadaran merk. Melalui berbagai saluran digital seperti website, media sosial, dan aplikasi, pelaku usaha, instansi maupun individu dapat memberikan berbagai informasi terbaru dan bermanfaat bagi konsumen atau audiensnya yang berkaitan dengan usaha, instansi, maupun aktivitasnya.

“Untuk pelaku usaha, informasi itu bisa berupa produk terbaru, promo, diskon, dan sebagainya. Untuk instansi, mereka bisa membagikan informasi tentang profil instansinya, apa kelebihan atau keunikannya. Sedangkan bagi individu yang ingin membangun personal branding, informasi itu bisa berupa kegiatan atau aktivitasnya yang bermanfaat bagi masyarakat banyak,” terang dr. Eky.

Alasan kedua kenapa digital marketing sangat penting adalah karena ia menciptakan peluang pasar yang lebih besar. Ini terjadi karena melalui digital marketing tercipta hubungan langsung dengan pelanggan

“Penerapan digital marketing akan memudahkan para pebisnis dan pengusaha untuk bercengkrama langsung dengan konsumen baru atau para pelanggan setia mereka untuk membangun ikatan emosi,” ujar dr. Eky.

Alasan ketiga, digital marketing lebih hemat anggaran. Ini dimungkinkan karena internet kini tersedia bagi siapa saja dan hampir semua orang memiliki handphone yang terkoneksi dengan internet. Hanya dengan membangun kehadiran yang baik di internet dan dengan bantuan iklan yang tidak perlu budget besar, siapa saja bisa memaparkan produk, jasa, atau aktiivitasnya kepada konsumen atau valon konsumennya.

“Dengan digital marketing, kita tidak perlu lagi mengeluarkan banyak biaya untuk cetak brosur, membuat baliho, dan lain dalam jumlah banyak. Asalkan kamu punya halaman media sosial dan website yang dikelola dengan baik, kamu bisa menjangkau target konsumen atau audiensmu kapan dan di mana saja,” kata dr. Eky.

Meski demikian, ia  dr. Eky menekankan bahwa untuk mencapai hasil yang diiginkan, strategi digital marketing ini harus dijalankan dengan baik. Orang harus paham strateginya sehingga upaya pemasaran dan promosi itu bisa berhasil.

“Karena digital marketing itu ada ilmunya. Tidak bisa hanya asal posting di media sosial atau punya website. Tetapi bagaimana membuat media sosial dan website itu bermanfaat bagi konsumen atau calon konsumen. Ini juga berlaku bagi individu, misalnya para politisi, yang melakukan personal branding agar lebih dikenal dan dicintai audiens atau masyarakat,” pungkasnya. (*)

Baca juga: Bukan Dokter Biasa, Dokter ini Juga Ahli Digital Marketing