Deputi Pengawasan Kementerian Koperasi & UKM RI Hadiri E-RAT KSP Kopdit Pintu Air

Maumere, medikastar.com

Deputi Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM RI, Ahmad Zabadi menghadiri sekaligus membuka secara resmi Rapat Anggota Tahunan KSP Kopdit Pintu Air Rotat Indonesia yang digelar secara online (E-RAT), Sabtu (27/06/20).

E-RAT yang digelar di Auditorium Sumur Yakub, Kantor Pusat KSP Kopdit Pintu Air, Kampung Rotat, Kabupaten Sikka ini disiarkan secara langsung di channel youtube KSP Kopdit Pintu Air dan dapat diikuti oleh seluruh anggota di seluruh penjuru nusantara.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua KSP Kopdit Pintu Air, Yakobus Jano; Wakil Bupati Sikka, Romanus Woga; Ketua Puskopdit Swadaya Utama Maumere, Petrus Herlemus; serta para pengurus dan juga pengawas KSP Kopdit Pintu Air.

Ahmad Zabadi dalam sambutannya saat membuka E-RAT tersebut menuturkan bahwa di era keterbukaan seperti saat ini, koperasi menghadapi tantangan yang besar. Oleh karenanya, moderenisasi koperasi sangat perlu untuk diperhatikan.

“Era keterbukaan ditandai dengan dua hal, yakni transparansi dan akuntabilitas. Transparansi dan akuntabilitas dapat diraih jika koperasi dikelola secara professional,” tuturnya.

Menurut Ahmad, untuk mencapai moderenisasi koperasi, SDM yang berkualitas menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Pendidikan anggota koperasi urgen untuk dilaksanakan.

“SDM merupakan jawaban kita demi mewujudkan koperasi yang modern,” tegasnya.

Terkait hal tersebut, dikatakan olehnya bahwa KSP Kopdit Pintu Air tentunya tidak mudah dalam memberikan pendidikan kepada setiap anggotanya, mengingat jumlah anggota yang mencapai ratusan ribu anggota.

Untuk itu, pendidikan anggota demi mewujudkan SDM yang berkualitas harus menjadi sebuah Pekerjaan Rumah bagi pengurus dan anggota KSP Kopdit Pintu Air.

“Kita perlu mewujudkan SDM yang berkualitas sebab tanpa itu koperasi modern dengan karakteristik utamanya transparansi dan akuntabilitas akan sulit diwujudkan,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum KSP Kopdit Pintu Air, Yakobus Jano dalam kesempatan tersebut memberikan gambaran mengenai beberapa kemajuan yang diraih oleh KSP Kopdit Pintu Air.

“Tahun ini KSP Kopdit pintu air telah menginjakan kakinya di usia 25 tahun. Dalam rentang usia ini kita telah merengkuh banyak kemajuan. Kita tidak hanya bertahan pada usaha simpan pinjam tetapi juga merambah ke sektor riil. Cikal bakal dari sector rill ialah kios sederhana yang dibangun di kantor lama kita,” ungkapnya.

Dikatakan olehnya bahwa dari kios sederhana tersebut, berkat kerja sama semua dan bimbingan Tuhan, timbulah banyak inovasi yang ditandai dengan lahirnya Pintu Air Swalayan, Unit transportasi dan unit usaha media yakni Ekora NTT.

“Tidak hanya itu, pada tahun terakhir ini lahirlah produk minyak gorang yang kita namakan minyak PINTAR dan garam yang kita beri nama garam PINTAR. Tidak menutup kemungkinan kita akan terus mengepakan sayap di sector riil lainnya,” tegas Yakobus.

Ia menjelaskan bahwa semua usaha, baik simpan pinjam maupun sektor rill semuanya berada dalam satu rel yang satu dan sama, yakni untuk kesejahteraan anggota.

Terpantau E-RAT yang dilaksanakan secara online ini dibuka secara resmi oleh Deputi Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM RI, Ahmad Zabadi dengan memukul gong. Di hari ini, akan diadakan pula pemilihan pengurus pengawas periode 2020-2024 sekaligus pelantikan pengurus pengawas periode 2020-2024 tersebut. (*/Red)