Enam Tips Menjaga Tubuh Tetap Fit Saat Cuaca Kurang Bersahabat

MedikaStar.com

Di beberapa daerah di Indonesia, cuaca sedang kurang bersahabat. Salah satu buktinya adalah angin yang bertiup dengan sangat kencang. Bahkan, angin kencang yang terjadi di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur telah menghancurkan sejumlah rumah warga dan juga membuat pohon bertumbangan.

Tak hanya demikian, cuaca yang kurang bersahabat juga dapat membuat kondisi kesehatan menjadi terganggu.  Contohnya seperti flu, nyeri sendi, sakit kepala, dan penyakit-penyakit lainnya. Karena itu, untuk menjaga tubuh agar tetap fit, terapkanlah enam tips sederhana berikut ini.

Pertama, minumlah air putih secara cukup. Tubuh yang tetap terhidrasi akan terhindar dari dehidrasi. Selain itu, minum air yang cukup dapat membuat tubuh lebih mudah menyerap nutrisi. Hal tersebut bisa membuat daya tahan tubuh tetap terjaga. Tubuh pun tidak akan mudah diserang oleh gangguan penyakit.

Kedua, jagalah kebersihan diri atau hygiene perorangan. Cuaca yang kurang bersahabat akan membuat kondisi kebugaran tubuh lebih rentan untuk terganggu. Hal ini akan diperparah jika kebersihan tubuh tidak dijaga.

Kebersihan tubuh yang buruk akan membuat virus dan bakteri penyebab penyakit lebih mudah menyerang tubuh dan menyebabkan terjadinya sakit. Karena itu, jagalah kebersihan tubuh secara baik dengan cara rajin mencuci tangan, mandi secara rutin, serta mencuci dan mengganti pakaian.

Ketiga, konsumsilah makanan bergizi seimbang. Cuaca buruk sering kali membuat tubuh lebih mudah terserang penyakit. Hal ini membuat tubuh membutuhkan makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral yang cukup. Hal itu akan membuat daya tahan tubuh dapat tetap kuat terjaga.

Salah satu contoh nutrisi yang dapat memperkuat daya tahan tubuh adalah antioksidan. Vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten merupakan tiga antioksidan yang utama. Nutrisi ini banyak terdapat pada sayur-sayuran dan buah-buahan seperti tomat, jeruk, pisang, papaya, dan lain-lain.

Keempat, pakailah pakaian yang nyaman dan aman. Pakaian yang nyaman dapat disesuaikan dengan kondisi cuaca. Jika angin sedang kencang dan dingin, gunakanlah pakaian yang tebal dan hangat.

Tujuannya agar suhu tubuh tetap hangat dan tidak merasa kedinginan. Tubuh juga tidak akan mudah mengalami gangguan-gangguan seperti nyeri sendi, flu, dan sakit kepala.

Kelima, beristirahatlah secara cukup. Tidur selama minimal tujuh atau delapan jam akan membuat tubuh seperti terisi kembali. Hal tersebut berguna untuk menjaga kekebalan tubuh tetap dalam kondisi baik.

Sebaliknya, jam tidur yang kurang akan membuat daya tahan tubuh menurun. Alhasil, tubuh akan lebih mudah mengalami gangguan ataupun terserang penyakit.

Keenam, tetaplah terapkan protokol kesehatan. Covid-19 dapat menyerang siapa saja dan dalam kondisi cuaca apapun. Karena itu, semua protokol kesehatan yang diberikan hendaknya dijalankan secara taat oleh masyarakat.

Contohnya seperti menjaga jarak aman sejauh lebih dari satu atau dua meter, mencuci tangan atau memakai hand sanitizer, serta menggunakan masker. Selain itu, pola hidup bersih dan sehat lain seperti rajin berolahraga dan menjaga kesehatan mental juga perlu diperhatikan.

Cuaca yang kurang bersahabat sedang terjadi di beberapa daerah, termasuk Nusa Tenggara Timur. Oleh karena itu, masyarakat perlu berhati-hati dalam beraktivitas di luar rumah dan tetap jaga kondisi tubuh agar tetap sehat.

Baca juga: Mulai Nonton di Bioskop Lagi? Ketahui Dulu Hal-hal Berikut