Gandeng Sido Muncul, RS St. Carolus Borromeus akan Gelar Operasi Bibir Sumbing

Kota Kupang, MedikaStar.com

Bibir sumbing merupakan kondisi kelainan bawaan yang ditandai dengan adanya celah atau belahan pada bibir bagian atas. Selain pada bibir bagian atas, sumbing juga dapat terjadi pada langit-lagit mulut yang biasanya disebut sebagai langit-langit.

Bibir sumbing adalah kelainan wajah yang paling umum terjadi pada semua populasi dan etnik di seluruh dunia. Di Indonesia, penderita kelainan bibir sumbing diperkirakan bertambah rata-rata 7.500 orang per tahun. Hal ini menunjukan bahwa bibir sumbing merupakan salah satu permasalahan kesehatan serius yang harus segera ditangani.

Sebagai wujud kepedulian dan wujud bela rasa terhadap penderita bibir sumbing, Rumah Sakit St. Carolus Borromeus Kupang secara periodik melaksanakan bakti sosial (Baksos) operasi bibir sumbing dan langit-langit secara gratis bagi para penderita di wilayah provinsi NTT.

Dalam periode kali ini, baksos operasi bibir sumbing dan langit-langit tersebut terlaksana berkat kerja sama antara RS St. Carolus Borromeus Kupang dan PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk.

Ingin Belajar Langsung di Rumah? Klik untuk Terhubung dengan Branded Home Private

Terkait hal ini, dr. Herly Soedarmadji, Direktur RS St. Carolus Borromeus Kupang kepada media ini menjelaskan bahwa operasi bibir sumbing dan langit-langit tersebut akan dilaksanakan selama 2 hari, sejak Senin (15/07/19) hingga Selasa (16/07/19).

“Pendaftaran untuk pasien dibuka sejak tanggal 14 Juni lalu sampai dengan tanggal 14 Juli mendatang,” katanya.

Selain itu, lanjut dr. Herly, sebelum dilaksanakan operasi, akan dilaksanakan screening bagi pasien yang telah mendaftar, di mana screening ini akan dilaksanakan sejak Rabu (10/07/19) hingga Minggu (14/07/19).

Lebih jauh, dalam operasi bibir sumbing dan langit-langit nanti, pasien akan langsung ditangani oleh dokter spesialis bedah plastik dari RS dr. Sutomo, Surabaya, dibantu oleh dokter anastesi. Dokter bedah di RS St. Carolus Borromeus Kupang juga akan terlibat dalam operasi ini.

“Operasi bibir sumbing dan langit-langit ini gratis untuk pasien, sejak screening, operasi, hingga kontrol sampai sembuh,” kata dr. Herly.

Ia mengatakan bahwa hingga saat ini, sudah terdata sekitar 20 pasien yang akan menjalani screening sebelum operasi nantinya.

“Pasien yang paling jauh saat ini datangnya dari Bajawa,” katanya.

Sementara untuk pasien yang ingin mendaftarkan diri, bisa langsung menghubungi  RS St. Carolus Borromeus Kupang melalui telpon ke nomor 0823 1445 3200 atau di nomor 0823 2899 7337.

dr. Herly juga mengatakan bahwa bakti sosial operasi bibir sumbing dan langit-langit periode berikutnya akan dilaksanakan sekitar bulan November nanti. Selain itu, pihaknya juga akan bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum St. Rafael Cancar untuk melaksanakan bakti sosial operasi katarak.  (*/red)

Baca Juga: Si Jago Merah “Lahap” 1 Rumah Warga Desa Manusasi-TTU

Video:

Pentingnya Home Care untuk Lansia 

Advertisement