Gubernur NTT Dorong Bupati & Wali Kota se-NTT untuk Berpikir “Out of Box”

Kota Kupang, MedikaStar.com

Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dalam setiap kesempatan, baik resmi maupun non resmi selalu mendorong Wali Kota Kupang dan para Bupati se-Nusa Tenggara Timur untuk berani berpikir “out of box” di dalam membangun daerahnya masing-masing.

“Saya dorong para Bupati untuk menggagas ide-ide inovatif dan cemerlang di dalam membangun daerah,” tuturnya.

Dalam penerbangan Ende-Kupang, Rabu (29/05/19) Viktor mendorong Bupati Kupang, Bupati Timor Tengah Selatan, Bupati Malaka, Bupati Belu untuk bekerja keras mengembangkan garam secara besar-besaran.

“Pak Bupati Kupang ingat baik-baik, bulan Agustus yang akan datang kita undang Presiden Jokowi datang panen garam perdana di Nunkurus. Selalu chek lapangan dan pastikan kesiapan kita untuk itu. Kita bertekad agar NTT memberikan kontribusi yang signifikant terhadap pemenuhan garam Nasional di tahun2 mendatang,” ujarnya.

“Demikian juga lahan garam di Malaka itu. Timor ini sangat adaptif dengan usaha garam. Dorong masyarakat untuk bekerja keras, disiplin dan jangan malas. Olah semua lahan tidur yang ada. Kembangkan peternakan, pertanian lahan kering, hortikuktura, perikanan, pariwisata dan semua potensi yang ada,” sambung Viktor.

Ia juga mengatakan bahwa khusus untuk bendungan Rotiklot, Raknamo dan Tilong, area sekitarnya dikonservasi dan ditanam berbagai jenis pohon.

“Kembangkan ketiga Bendungan ini menjadi destinasi wisata yang menarik. Buatlah festival dan berbagai pertunjukan seni secara reguler setiap malam minggu atau setiap hari minggu. Bangun homestay-homestay di tempat-tempat tersebut agar bisa dimanfaatkan oleh wisatawan,” tuturnya.

Lebih jauh, Viktor juga mengajak mereka untuk membangun restaurant, menyiapkan pangan lokal, ekonomi kreatif dan sebagainya.

“Kita bekerja sama untuk memajukan wilayah-wilayah itu. Provinsi dan Kabupaten/Kota bergandengan tangan. Hal yang sama di Kabupaten-kabupaten lain di seluruh Nusa Tenggara Timur. Manfaatkan semua potensi sosial dan ekonomi yang kita miliki. Kita sangat mampu untuk itu,” ujarnya.

Viktor juga menuturkan bahwa pada tanggal 9 sampai dengan 11 Juni 2019 nanti, semua bupati dan wali kota se-NTT akan berkumpul di Labuan Bajo untuk berbicara mengenai pembentukan Masyarakat Ekonomi Nusa Tenggara Timur. (*/MariusJelamu/red)

Baca Juga: Anggota Yonmek 741/GN Donorkan Darah Bagi Pasien di RSUD Kefamenanu

Vidio:

Sebagai RS Rujukan Regional di Daerah Perbatasan, RSUD Atambua Terus Berbenah

Advertisement