Obor Mas.jpeg

Gubernur NTT Siap Jadi Narasumber Seminar Nasional pada HUT Emas Kopdit Obor Mas

Kota Kupang, Medikastar.com

Perayaan puncak kegiatan HUT ke-50 Kopdit Obor Mas akan dilaksanakan pada Sabtu, 5 November 2022 dengan salah satu agenda kegiatannya adalah seminar nasional di aula kampus Unipa Maumere. Gubernur NTT, Viktor Laikodat, dipastikan akan menjadi salah satu narasumber dalam seminar yang mengangkat tema “Mendorong Peningkatan Usaha Produktif Anggota Melalui Program KUR dan LPDB Untuk Mencapai Kesejahteraan” itu.

“Saya memang tanggal 5 November 2022 itu ada banyak kegiatan pagi Kupang dan siang sore harinya ada meeting penting di Jakarta bersama sejumlah pejabat tinggi untuk membahas kesiapan provinsi NTT memasuki Free Trade Zone (Zona Pasar bebas) di Wini –Oekusi yang saat ini terus didorong oleh petinggi kedua negara.”

“Tapi saya usahakan untuk hadir karena koperasi ini juga penting,” kata Viktor dalam audiensi dengan Ketua Pengurus Kopdit Obor Mas, Markus Menando, di ruang kerjanya, Selasa (25/10/2022).

Selain Viktor Laiskodat, seminar yang didesain dalam bentuk diskusi panel itu juga menghadirkan Direktur Utama LPDB-KUMKM Drs.Supomo, Ak, MM dan Ketua Pengawas Inkopdit Drs. Hayono Daud dari Jakarta sebagai narasumber utama.

Seminar itu akan membedah pola pemberdayaan ekonomi dan prosek ekonomi kerakyatan sebagai kontribusi dari sektor Koperasi dan UMKM. Isu hangat lain juga soal strategi pemberdayaan ekonomi moderen dari segmen pinjaman berbunga murah berbasis KUR dan LPDB untuk kesejatheraan rakyat.

Gubernur Viktor juga berharap agar lembaga jasa keuangan pemerintah dan non pemerintah sudah saatnya meningkatkan komunikasi dan kolaborasi untuk  pengembangan dan percepatan pembagunan ekonimi rakyat dengan menyiapkan sumber-sumber pembiayaan yang muran dan berpihak pada pengembangan UMKM.

Ketua Pengurus KSP Kopdit Obor Mas, Markus Menando, usai audiensi dengan Gubernur mengatakan sangat senang karena di tengah kesibukan urusan pemerintah di provinsi NTT dan rencana kegiatan di Jakarta, Gubernur Viktor memilih untuk mampir sejenak di Maumere membawakan materi dan diskusi bersama keluarga besar Kopdit Obor Mas di acara HUT Emas.

“Kita bersyukur bapak Gubernur bisa bagi waktu untuk hadir dalam kegiatan ditengah kesibukan beliau, ujarnya.

Dia berharap kolaborasi koperasi dengan pemerintah serta lintas stakeholders terus ditingkatkan demi meningkatkan hajat hidup dan kesehteraan masyarakat.

Selain seminar nasional, perayaan HUT Emas Kopdit Obor Mas juga diisi dengan berbagai kegiatan. Di antaranya adalah launching Buku 50 tahun  KSP Kopdit Obor Mas, bedah rumah bagi anggota, donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis bagi anggota, expo dan pasar murah bagi anggota, perlombaan futsal antar instansi, lomba pidato antar cabang,  dan ibadah syukur.

Kegiatan puncak HUT Emas kata Manando akan digelar pada tanggal 5 November 2022 di lapangan kota baru yang rencananya dihadiri Menteri Koperasi dan UMKM RI Teten Masduki, Dirut LPDB, Ketua Inkopdit Jakarta, para tamu VIP lainnya diantaranya Anggota DPR RI, DPRD NTT, Wakil Gubernur NTT, Bupati dan Wakil Bupati Sikka, Pimpinan dan Anggota DPRD SIkka serta ribuan orang anggota dan masyarakat kabupaten Sikka.

Malam puncak itu juga akan diselengarakan pentas hiburan rakyat menampilamn artis-artis nasional mengambil lokasi di Lapangan Umum Kota Baru, Maumere. (*)

Baca juga: Gandeng PMI dan Klinik King Care Kopdit Obor Mas Gelar Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis