Hadiri Hari Pers Nasional, Jokowi: Insan Pers Selalu di Hati & Selalu Rindu

Medikastar.com

Presiden RI, Joko Widodo menghadiri peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Kota Banjar Baru, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu (08/02/20). Dalam sambutannya Jokowi mengaku bahwa dirinya hendak ke Canberra, Australia, tetapi kemudian berbelok ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan demi menghadiri acara tersebut.

Jokowi saat itu didampingi oleh Gubernur Kalimantan Selatan, Sabhirin Noor; Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo; Ketua DPR RI, Puan Maharani; Ketua Dewan Pers, M. Nuh; serta Ketua Umum PWI, Atal S Depari.

“Selama jadi presiden, sekali saya tidak hadir di HPN, tapi saya kapok, sekarang saya usahakan hadir, ini mau ke Canberra, Australia, saya belokan ke sini dulu. Karena insan pers adalah sahabat saya,” kata Jokowi.

Menurutnya, insan pers selalu menemani kemana pun dirinya pergi, padahal para menterinya sendiri belum tentu selalu mengikuti ke mana dirinya pergi.

“Bagi saya, insan pers bukan benci tapi rindu tetapi, selalu di hati dan selalu rindu,” kata Jokowi.

Dikatakan olehnya bahwa saat ini, pers harus berdiri di depan untuk memerangi hoaks, fitnah, dan mewartakan berita baik dan berita besar. Selain itu, dirinya menambahkan bahwa dalam era digital saat ini posisi pers mengalami ancaman. Olehnya, Ia telah berbicara dengan para pemimpin redaksi media massa untuk menyiapkan draft regulasi yang bisa melindungi dan memproteksi dunia pers.

“Jangan sampai dikuasai platform digital dari luar. Tidak ada aturan, tidak bayar pajak, ambil iklan yang merugikan industri pers Indonesia,” tegasnya. (*/red)

Baca Juga: Potret Pilu Para Tenaga Medis yang Berjuang Tangani Pasien Virus Corona