Halo Apoteker NTT

‘Halo Apoteker NTT’, Layanan Konsultasi Online Obat-obatan di Masa Pandemi Covid-19

Kota Kupang, Medikastar.com

Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) melakukan terobosan dengan menghadirkan ‘Halo Apoteker NTT’. Halo Apoteker NTT merupakan sebuah situs yang melayani konsultasi terkait obat-obatan, terutama di masa pandemi Covid-19.

Halo Apoteker NTT menghadirkan apoteker-apoteker berkompeten di NTT yang selalu siap melayani masyarakat NTT. Konsultasi dilakukan berbasis layanan chatting melalui WhatsApp.

Ketua Pengurus Daerah (PD) IAI NTT Frama El Lefiyana Pollo, S.Si., M.Sc mengatakan, Halo Apoteker NTT resmi diluncurkan pada 18 Juni 2021 lalu. Kehadiran Halo Apoteker NTT melihat perkembangan informasi berkaitan dengan obat-obatan Covid-19 yang berpotensi merugikan masyarakat.

Melalui berbagai diskusi, PD IAI NTT berinisiatif memberikan layanan konsultasi online. Tujuannya hanya untuk membantu masyarakat terhindar dari pemakaian obat-obatan yang tidak sesuai.

Bertepatan dengan hari apoteker sedunia pada 25 September 2021, PD IAI NTT menggelar rapat kerja daerah (Rakerda) dan juga webinar. Webinar tersebut mengangkat tema Pharmacy: Always Trusted for Your Health! Trust Your Virtual Pharmacist.

Dikatakannya, peningkatan kompetensi apoteker pun sangat penting. Hal itu agar menunjang peran apoteker di tengah masyarakat, terutama saat situasi pandemi Covid-19.

Dalam momentum hari apoteker sedunia itu, para apoteker mendapatkan kesempatan peningkatan kompetensi melalui webinar tentang tele farmasi. Frama menjelaskan, tele farmasi merupakan bentukan layanan konsultasi obat-obatan melalui website dan chatting, yang diberi nama Halo Apoteker NTT.

Hal itu penting untuk dilakukan mengingat maraknya hoaks yang beredar di masyarakat. Frama menilai, jika masyarakat mendapatkan informasi yang salah terkait obat-obatan maka itu akan sangat merugikan masyarakat.

“Supaya kami dengan kompetensi yang kami miliki bisa menjadi sumber informasi obat yang terpercaya oleh masyarakat,” katanya.

PD IAI NTT ingin masyarakat tidak kesulitan dalam mencari informasi. Terutama terkait dengan obat-obatan.

Selain itu, dalam peringatan hari apoteker sedunia, PD IAI NTT juga memberikan penguatan kapasitas terkait dengan advokasi hukum. Pihaknya menyadari, dalam menjalankan tugas pelayanan, seringkali apoteker berhadapan dengan berbagai persoalan yang menjurus ke ranah hukum.

Persoalan tersebut tidak sepenuhnya mampu diatasi oleh apoteker. Karena itu, pihaknya merasa sangat perlu memberikan pemahaman advokasi bagi semua apoteker sehingga dalam melaksanakan pelayanan tidak melanggar regulasi yang berlaku.

Guna memberikan pemahaman advokasi, PD IAI NTT menghadirkan advokat dari Peradi, Kuasa hukum dari apoteker pusat. Diharapkan informasi yang diberikan nantinya bermanfaat bagi semua anggota.

“Kemampuan kami dalam melakukan advokasi hukum bagi anggota maupun eksternal belum optimal,” kata Frama.

Frama menjelaskan, khusus rakerda dilaksanakan sebagai bentuk evaluasi atas setiap program yang sudah disepakati pada rakerda sebelumnya. Sekaligus mengukur sejauh mana dampak kehadiran apoteker bagi masyarakat.

“Kami ingin melakukan auto kritik, mengevaluasi apakah program-program yang selama ini kami laksanakan sudah merupakan program sebagai bukti kehadiran apoteker dalam pelayanan masyarakat,” ujar Frama.

Dari evaluasi tersebut, lanjut Frama, pihaknya bisa melihat program-program yang berdampak pada masyarakat. Selain peningkatan program yang punya manfaat, perbaikan terhadap program-program yang belum menyentuh kepentingan masyarakat juga menjadi sangat penting.

Ketua panitia Rakerda dan Webinar, Devi Sandi menjelaskan, kegiatan tersebut diikuti oleh anggota IAI NTT. Jumlah anggota yang mengikuti kegiatan mencapai 500 orang. Kegiatan tersebut dilakukan secara online juga offline.

Sandi menjelaskan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya memperkenalkan Halo Apoteker NTT. Halo Apoteker NTT sendiri merupakan bagian dari inovasi apoteker NTT dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat.

“Kalau kita kenal ada halo dokter, maka kami berinovasi menghadirkan Halo Apoteker. Halo Apoteker hadir dengan tujuan membantu masyarakat memahami obat-obatan,” ujar Sandi.

Sandi menyebutkan, masyarakat yang ingin berkonsultasi cukup mangakses website Halo Apoteker NTT. Setalah berada pada website tersebut, masyarakat bisa menggunakan layanan chatting untuk bertanya kepada Halo Apoteker NTT. Semua pertanyaan akan dijawab oleh Apoteker yang bertugas.

Selain itu, untuk melindungi para Apoteker juga diberikan pemahaman advokasi hukum. Hal itu dinilai akan membantu para apoteker dalam menjalankan pelayanan bagi masyarakat. (joe/*)

Baca juga: Pasangan Suami Istri Baru Akan Dideteksi Elsimil untuk Menekan Angka Stunting