Ini Cara agar Tetap Sehat di Musim Hujan

medikastar.com

Kehujanan dan cuaca dingin dapat menurunkan daya tahan tubuh dan mengakibatkan masuknya organisme yang menyebabkan penyakit. Tak heran, banyak orang yang jatuh sakit. Sebelum hal itu terjadi, terapkan beberapa tips ini:

Sediakan payung dan jas hujan

Meski sudah diprediksi oleh sumber perkiraan cuaca, hujan tetap bisa datang tiba-tiba. Untuk itu, selalu

sediakan salah satu atau kedua barang ini untuk mencegah badan dan kepala terkena air hujan.

Perbanyak asupan vitamin C

Di musim hujan, vitamin C sangat dibutuhkan kehadirannya dalam tubuh manusia karena selain dapat berfungsi sebagai antioksidan, ia juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Anda selalu bisa mendapatkan vitamin C dari berbagai jenis suplemen, tapi akan lebih baik jika Anda memperolehnya dari sumber yang alami seperti buah-buahan.

Makan makanan hangat

Walaupun sudah mengkonsumsi vitamin, tentu saja kamu tetap membutuhkan makanan supaya tubuh tetap bertenaga. Makanan yang cocok untuk dimakan saat dingin adalah sup, yang bisa kamu buat sendiri di rumah atau bahkan membeli di restoran favorit. Efeknya, badan akan tetap terasa fit sehingga tubuh tidak mudah lemas.

Kurangi gorengan

Sebaiknya hindari mengonsumsi gorengan, karena makanan yang satu ini penuh dengan minyak sehingga dapat berpengaruh langsung ke tenggorokan atau bisa menyebabkan Anda mudah terserang flu. Dan jika Anda mengkonsumsi gorengan dalam jumlah banyak, hal ini juga bisa menganggu daya tahan tubuh.

Segera mandi setelah kehujanan

Penyakit dengan mudah akan muncul ketika tubuh Anda mengalami perubahan suhu yang drastis.Oleh karena itu, saat tubuh basah terkena air hujan, sebaiknya Anda segera mandi dan keramas untuk menstabilkan temperatur dingin yang terbawa oleh air hujan. Saat Anda mengeringkan badan, temperatur tubuh bertahap kembali ke suhu normal.

Kenakan pakaian yang tebal dan hangat

Baju yang Anda kenakan juga akan mempengaruhi kesehatan tubuh di musim hujan. Hindarilah menggunakan baju tipis dan transparan, terlebih jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan. Sweater dan jaket tebal yang hangat akan menjaga tubuh Anda dari udara dingin saat musim hujan.

Jaga kualitas tidur

Tidur merupakan waktu reses tubuh untuk pemulihan seluruh sistem anggota badan. Kualitas tidur itu sangat penting dalam menjaga kesehatan. Pada anak usia prasekolah usia 3-5 tahun membutuhkan tidur 10-13 jam, anak sekolah usia 6-13 tahun membu- tuhkan tidur 9-11 jam. Lalu, remaja usia 14-17 tahun butuh 8-10 jam. Usia 18-25 tahun direkomendasikan tidur selama 7-9 jam. Kemudian usia dewasa 26-64 tahun membutuhkan tidur 7-9 jam. Lalu para lanjut usia direkomendasikan tidur selama 7-8 jam.

Olahraga

Olah raga merupakan cara sederhana dan mudah tapi besar manfaatnya. Latihan fisik selama 30 menit mampu mengaktifkan sel darah putih. Dalam buku Guyton dan Hall, sel darah putih berfungsi menyediakan pertahanan yang cepat dan kuat terhadap daerah tubuh yang mengalami peradangan. Olah raga tidak harus dilakukan di luar ruangan, tapi juga dalam ruangan. Sehingga meski hujan, tetap bisa berolahraga.

Kelola stres

Saat musim hujan, seseorang mudah stres. Misalnya karena terlambat bekerja gara-gara hujan turun. Ketika seseorang stres akan berdampak secara fisiologis. Seperti gelisah, detak jantung meningkat dan mudah letih. Oleh karena itu penting sekali mengelola stres.

Dalam buku Psikolog karya Carole Wade dan Carole Tavris, salah satu cara mengelola stres dengan menenangkan diri dengan relaksasi. Relaksasi dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Caranya dengan membiarkan tubuh menerima rangsangan apapun baik berupa suara, bau atau sentuhan yang dapat menenangkan diri. (*/majalah medika star/edisi 14)