Inilah Jurusan-Jurusan Kuliah di Bidang Kesehatan

MedikaStar.com – Siswa yang sedang duduk di bangku kelas 3 SMA atau sederajat sering dihadapkan pada rasa bingung. Rasa bingung tersebut diakibatkan oleh jurusan perkuliahan yang hendak dipilih ketika ingin melanjutkan pendidikan. Meski ujian nasional tahun ini tidak jadi diadakan oleh pemerintah, tapi para siswa yang ingin melanjutkan pendidikannya harus tetap mempersiapkan diri. Salah satunya dengan memilih jurusan kuliah yang tepat.

Dalam masa pandemi sekarang ini, salah satu profesi yang sangat berperan dalam melawan Covid-19 adalah para petugas kesehatan. Hal ini membuktikan bahwa bekerja di bidang kesehatan memiliki pengaruh yang cukup besar. Jadi, bagi para siswa yang mungkin saja ingin melanjutkan pendidikan di bidang kesehatan, inilah beberapa jurusan yang mungkin bisa dipertimbangkan.

Kedokteran

Bidang kedokteran mempelajari mengenai praktik diagnosis, pengobatan, hingga pencegahan penyakit. Ilmu biomedis, genetika, dan teknologi akan dikuasai seorang calon dokter guna melakukan pengobatan, serta pencegahan cidera dan penyakit. Penerapan ilmu tersebut dilakukan melalui obat-obatan, bedah, dan terapi.

Dalam praktiknya, seorang calon dokter juga akan mempelajari beberapa keahlian. Keahlian tersebut antara lain membangun relasi dengan pasien, mengumpulkan dan menganalisis data pasien, membuat rencana dan merawat pasien, serta memantau, menilai dan mengubah perawatan bila diperlukan.

Seseorang yang menamatkan pendidikan dokter biasanya akan bekerja sebagai dokter umum. Setelah itu, ia bisa mengambil spesialisasi dalam bidang kedokteran. Seorang lulusan kedokteran bisa bekerja di berbagai tempat seperti rumah sakit, puskesmas, klinik, dan lain sebagainya.

Keperawatan

Bidang keperawatan adalah profesi yang terfokus untuk melakukan perawatan bagi individu maupun komunitas. Fungsi dari keperawatan adalah mencapai, memelihara, dan menyembuhkan pasien secara optimal.

Terdapat empat jenis pendidikan keperawatan. Jenis pendidikannya terdiri dari pendidikan vokasi, profesional, master/spesialis, dan doktoral. Selama masa pendidikan, seorang calon perawat akan dibekali dengan ilmu tentang asuhan keperawatan, pola kerja sama dengan dokter dan tenaga medis lain, serta melakukan perencanaan, penerapan, dan evaluasi perawatan pasien. Peluang kerja seorang perawat meluputi rumah sakit, puskesmas, klinik, dan tempat lainnya.

Kebidanan

Kebidanan adalah bidang ilmu yang mempelajari mengenai cara mempersiapkan kehamilan, persalinan, nifas atau ibu menyusui, masa interval dan pengaturan kesuburan, menopause, bayi dan balita, serta fungsi-fungsi reproduksi. Selama masa kuliah, calon bidan juga akan dibekali dukungan dan bantuan pada perempuan, keluarga dan komunitas, serta asuhan kebidanan.

Asuhan kebidanan adalah proses pengambilan keputusan dan tindakan oleh bidan dalam menjalankan tugasnya. Proses ini dilakukan dengan menerapkan metode pemecahan masalah secara sistematis mulai dari pengumpulan dan analisis data, diagnosa, perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Peluang kerja seorang bidan meluputi rumah sakit, puskesmas, klinik, dan tempat lainnya.

Kesehatan Masyarakat

Kesehatan masyarakat adalah bidang ilmu kesehatan yang berfokus pada pencegahan penyakit, memperpanjang hidup, serta meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Bidang ilmu ini juga berfungsi melakukan efisiensi melalui usaha masyarakat yang terorganisir untuk menjaga lingkungan dan kesehatan pribadi. Bidang kesehatan ini mengutamakan usaha preventif atau pencegahan penyakit, serta menjaga dan meningkatkan kesehatan masyarakat.

Terdapat beberapa pilar dalam kesehatan masyarakat. Pilar tersebut antara lain epidemiologi dan biostatistika, kesehatan lingkungan, Pendidikan kesehatan dan ilmu perilaku, administrasi dan kebijakan kesehatan, gizi kesehatan masyarakat, kesehatan dan keselamatan kerja, kesehatan reproduksi, sistem informasi kesehatan, serta surveilans penyakit. Pilar-pilar tersebut biasanya menjadi peminatan atau spesialisasi dari orang-orang yang belajar di jurusan ini.

Peluang kerja seorang ahli kesmas meluputi rumah sakit, puskesmas, LSM dan tempat lainnya.

Analis Kesehatan

Analis kesehatan biasa disebut juga dengan sebutan teknologi laboratorium medik. Bidang ilmu ini mempelajari secara khusus mengenai penggunaan sarana kesehatan dalam pemeriksaan, pengukuran, penetapan, dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia atau bukan.

Tujuannya adalah untuk melakukan penentuan jenis penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan atau faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan seseorang. Seseorang yang berprofesi sebagai analis kesehatan biasanya bekerja di laboratorium kesehatan. Contoh pemeriksaan sampel yang dilakukan antara lain seperti sampel darah, urin, sputum, feses, dan lain sebagainya. Peluang kerja seorang analis kesehatan meluputi rumah sakit, puskesmas, klinik, dan tempat lainnya.

Farmasi

Farmasi merupakan bidang ilmu kesehatan yang dikombinasikan dengan ilmu kimia. Fungsi utama bidang ilmu ini adalah meracik, serta memastikan efektivitas dan keamanan obat.

Seorang tenaga farmasi akan dibekali ilmu untuk melakukan pelayanan klinik, evaluasi efikasi dan keamanan penggunaan obat, dan penyediaan informasi obat. Lulusan jurusan farmasi akan berprofesi sebagai apoteker. Peluang kerja seorang apoteker meluputi rumah sakit, puskesmas, apotek, dan tempat lainnya.

Ahli Gizi

Bidang ilmu gizi mempelajari segala sesuatu tentang makanan dan hubungannya dengan kesehatan optimal bagi tubuh. seorang calon ahli gizi atau nutrisionist akan dilengkapi dengan pemahaman mengenai gizi seimbang bagi tubuh, mengolah makanan yang sehat sesuai usia, kondisi kesehatan, dan lain sebagainya. Peluang kerja seorang ahli gizi meliputi rumah sakit, puskesmas, klinik, perusahaan makanan, dan lain sebagainya.

Jurusan Lain

Masih banyak jurusan dalam bidang pendidikan kesehatan. Jurusan tersebut antara lain radiologi, kesehatan lingkungan, fisioterapi, dan lain sebagainya.

Memilih jurusan kuliah merupakan hal yang sangat penting karena berhubungan dengan masa depan siswa. Oleh Karena itu, bagi para siswa yang tertarik untuk melanjutkan Pendidikan di bidang kesehatan, jurusan-jurusan tersebut bisa dipertimbangkan. (har)

Baca juga: Hari Perfilman Nasional, Ini Aturan Sehat Menonton Film