Kelurahan Merdeka Kota Kupang Deklarasikan Stop Buang Air Besar Sembarangan

Kota Kupang, Medikastar.com

Kelurahan Merdeka, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang menjadi kelurahan pertama di Kota Kupang yang mendeklarasikan Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS). Deklarasi tersebut dibacakan oleh Lurah Merdeka, Petty Ly di kantor lurah Merdeka, Jumat (10/05/19).

Deklarasi ini kemudian diikuti dengan aksi penandatanganan komitmen bersama Stop Buang Air Besar Sembarangan oleh Sekertaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kupang, Rudy Priyono, S.KM.,M.Kes; Kepala Bidang Penyehatan Lingkungan dan Promosi Kesehatan Dinkes Kota Kupang, Alfrida Palebangan, SKM, M.Kes; Kepala Puskesmas Kupang Kota, drg. Shinta Ndaumanu; dan Lurah Merdeka, Petty Ly. Selain itu, komitmen bersama ini juga ditanda tangani oleh seluruh unsur yang ada di kelurahan tersebut, yakni LPM, Ketua PKK, Kader Posyandu, Ketua RT/RW, tokoh pemuda, tokoh agama, dan juga para mahasiswa KKN.

Kepala Bidang Penyehatan Lingkungan dan Promosi Kesehatan Dinkes Kota Kupang, Alfrida Palebangan menjelaskan bahwa deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan ini merupakan salah satu dari lima pilar STBM yang digaungkan oleh pemerintah pusat, sehingga deklarasi ini berlaku di seluruh Indonesia.

“Melalui deklarasi ini, masyarakat diajak untuk berperilaku hidup bersih dan sehat; salah satunya itu ialah dengan tidak membuang air besar di sembarangan tempat, karena kalau kita buang air besar di sembarang tempat, maka itu akan menjadi satu media penularan penyakit, khususnya penyakit-penyakit yang berbasis lingkungan seperti diare, kolera, disentri dan lain sebagainya,” terang Ida.

Ingin Belajar Langsung di Rumah? Klik untuk Terhubung dengan Branded Home Private

Sebaliknya, apabila masyarakat membuang air besar pada jamban yang sehat dan bersih, maka sebenarnya hal tersebut akan memutus rantai penularan penyakit, terutama penyakit yang berbasis lingkungan.

Dijelaskan juga oleh Ida bahwa di Kota Kupang, pihaknya melakukan verifikasi terakhir pada tahun 2018 lalu dan telah menunjukan hasil bahwa seluruh keluruhan di Kota Kupang sudah dinyatakan bebas dari perilaku buang air besar sembarangan.

“Hanya untuk deklarasinya ini, untuk pertama kalinya kita lakukan di kelurahan merdeka. Nanti akan diikuti dengan deklarasi di kelurahan-kelurahan yang lain, setelah itu baru kita deklarasi untuk tingkat Kota Kupang,” terangnya.

Ida berharap agar dengan adanya deklarasi ini, masyarakat bisa menjaga kebersihan lingkungannya, sehingga derajat kesehatan masyarakat dapat meningkat. Pasalnya, derajat kesehatan masyarakat sangat dipengaruhi oleh lingkungan dan perilaku masyarakat itu sendiri.

“Kalau lingkungannya kotor, berarti derajat kesehatan masyarakat juga akan rendah; dan ini dipengaruhi juga oleh perilaku hidup bersih dan sehat yang sangat tergatung dari pribadi masing-masing. Kalau masyarakat berperilaku hidup bersih dan sehat, maka tentu akan tercipta lingkungan yang bersih dan sehat pula,” tegasnya.

Sementara itu, Lurah Merdeka, Petty Ly mengatakan bahwa deklarasi tersebut merupakan salah satu kesepakatan masyarakat untuk stop buang air besar sembarangan.

“Itu artinya masyarakat sudah punya kesadaran mengenai perilaku hidup bersih dan sehat dengan baik. Ini merupakan suatu terobosan di bidang kesehatan,” katanya.

Petty mengungkapkan bahwa sekalipun kita berada di wilayah perkotaan, tetap masih ada satu-dua masyarakat yang masih nakal dan kurang baik perilakunya, sehingga perlu adanya deklarasi dan kesepakatan bersama untuk Stop Buang Air Besar Sembarangan.

“Diharapkan mereka bisa mensosialisasikan hal ini kepada orang-orang terdekat dan apabila mereka melihat ada yang melakukan tindakan ini mereka bisa menegur,” ujarnya.

Petty juga menuturkan bahwa deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan juga sejalan dengan visi Kelurahan Merdeka, yakni masyarakat kelurahan yang sehat.

“Harapan saya masyarakat bisa melaksanakan komitmen ini dengan baik, dan bila perlu Kelurahan Merdeka ini menjadi salah satu contoh sebagai kelurahan bersih di Kota Kupang,” tutupnya. (*/red)

Baca Juga: Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Video:

Pengurus Hipercci NTT Resmi Dilantik

Advertisement