Kisah Inspiratif Orang-orang Lanjut Usia yang Menang Melawan Corona

MedikaStar.com

Hingga kini virus corona telah mengakibatkan cukup banyak korban jiwa di seluruh dunia. Sebagian besar orang yang meninggal akibat covid-19 adalah orang yang berusia tua atau memiliki kemampuan daya tahan tubuh yang sudah menurun.

Meski begitu, banyak pula pasien covid-19 berusia tua yang mengalami kesembuhan. Dengan semangat dan kegigihan, perjuangan mereka untuk menang melawan corona bisa menjadi inspirasi bagi semua orang di tengah pandemi global sekarang ini.

Cerita inspiratif yang pertama berasal dari Italia. Seorang lelaki tua berusia 101 tahun yang disebut “Mr.P” berhasil mengalahkan corona. Ia mengalami kesembuhan setelah beberapa waktu mendapatkan perawatan di rumah sakit Rimini. Kabar kesembuhan Mr.P disampaikan oleh wakil walikota Rimini, Gloria Lisi kepada media setempat pada beberapa waktu yang lalu.

Hal ini cukup mencengangkan mengingat tingkat kematian di Italia akibat covid-19 merupakan salah satu yang tertinggi di dunia. Bahkan, sebanyak 86% tingkat kematian di Italia berasal dari orang dengan usia lebih dari 70 tahun.

Selain mengalahkan corona, pria kelahiran tahun 1919 ini juga pernah berada dalam masa pandemi flu spanyol yang mulai terjadi pada tahun 1918. Lelaki ini pun telah mengalahkan wabah yang diperkirakan menginfeksi lebih dari 500 juta manusia pada waktu itu.

“Mr.P melakukannya. Keluarga telah membawanya pulang. Itu mengajarkan kita bahwa kehidupan pria berusia 101 tahun tak bisa diperkirakan. Pemulihannya yang begitu luar biasa memberi harapan bagi kita semua tentang masa depan.” Kata wakil walikota Lisi yang dikutip dari Forbes.

Cerita inspiratif dari Mr.P merupakan kisah luar biasa kesekian yang terjadi pada masa pandemi corona. Sebelumnya, ada pula wanita berusia 103 tahun di Cina yang juga berhasil mengalahkan covid-19.

Wanita bernama Zhang Guangfen ini dirawat pada tanggal 1 Maret lalu. Setelah melewati enam hari perawatan, ia dinyatakan sembuh. Ia kemudian mendapatkan predikat sebagai orang tertua yang bertahan melawan virus corona.

Zeng Yulan, dokter yang merawat wanita tersebut mengatakan pada media setempat bahwa kesembuhannya yang luar biasa memiliki alasan. Salah satu alasan yang mendasarinya adalah Zhang tidak memiliki penyakit penyerta lain yang berat, kecuali bronkritis kronis ringan.

Selain Mr.P dan Zhang Guangfen, cerita inspiratif juga datang dari seorang pria di Inggris bernama Keith Watson. Pria berusia 101 tahun ini menghabiskan waktu dua minggu di rumah sakit untuk melawan covid-19 yang menginfeksinya.

“Kerja bagus untuk semua tenaga kesehatan di Rumah Sakit Alexandra karena merawat Keith dengan sangat baik dalam dua minggu terakhir.” Tulis pihak rumah sakit tempat perawatan pasien dalam sebuah unggahan foto. Foto tersebut menampilkan Keith Watson sedang berpose bersama para tenaga medis.

Pimpinan rumah sakit mengatakan bahwa mereka sangat senang Keith bisa pulang dengan selamat. Hal tersebut menjadi dorongan moral yang sangat besar bagi para staf rumah sakit. Mereka akan lebih bersemangat lagi untuk bekerja setiap hari, serta memberikan perawatan terbaik bagi pasien.

Orang-orang yang berusia lanjut tersebut bisa menang melawan corona karena beberapa faktor. Faktor tersebut meliputi ketahanan tubuh yang baik dan semangat juang yang tinggi. Selanjutnya, faktor yang tidak kalah pentingnya adalah dukungan dari semua pihak. Motivasi dan dorongan dari keluarga, rumah sakit, serta orang-orang sekitar membuat mereka mendapatkan semangat hidup yang lebih tinggi dan menjadi lebih kuat.

Masih banyak lagi kisah inspiratif dari orang-orang yang sembuh melawan corona. Hal ini membuktikan bahwa dengan kerja sama dan dukungan, pandemi covid-19 bisa dikalahkan. Oleh karena itu, mari saling memberi dukungan pada sesama dalam proses pencegahan dan penanganan pasien corona. (har)

Video: Pesan Gubernur Provinsi NTT, Soal Pencegahan Penularan Covid-19