Kopdit Obor Mas Siap Bekali Anggota di Soe dan Belu dengan Pendidikan Dasar dan Literasi Keuangan

Kota Kupang, Medikastar.com

Peresmian Kantor Cabang KSP Kopdit Obor Mas di Soe dan Belu yang akan dilangsung pada 13 dan 17 September 2022 mendatang akan diawali dengan agenda pendidikan dan latihan bagi para anggota selama dua hari. Tanggal 11-12 September di Soe dan 15-16 September di Belu.

Beberapa materi yang akan disampaikan dalam diklat itu antara lain sejarah koperasi kredit, pilar koperasi, sejarah Kopdit Obor Mas, serta literasi keuangan (financial literacy). Para pematerinya adalah jajaran pengurus, manajemen, dan juga petugas  lapangan Kopdit Obor Mas.

“Harapannya, para anggota dapat mengetahui dengan benar apa yang menjadi hak dan kewajibannya serta mengenal prinsip dasar koperasi, yang salah satunya adalah pendidikan yang terus menerus,” tutur Ketua Pengurus Pusat Kopdit Obor Mas, Markus Menando, kepada Medikastar, Jumat (9/9/2022) malam melalui sambungan telepon.

Terkait diklat ini, General Manager Kopdit Obor Mas, Ferdiyanto Moat Lering, menjelaskan bahwa pendidikan berkoperasi adalah salah satu hak dasar anggota yang harus dipenuhi manajemen koperasi sehingga membantu mereka memanfaatkan keanggotannya untuk peningkatan taraf kehidupannya.

“Kita jalankan fungsi ini untuk memberikan pendidikan dasar wajib ini bagi anggota sehingga dia memahami apa manfaat bergabung disini, dan hak kewajibannya seperti apa,” ujar Ferdiyanto.

Selain untuk para anggota, pendidikan dan latihan itu terbuka juga untuk masyarakat umum. Sehingga siapa saja yang ingin mengetahui lebih dalam tentang koperasi secara umum dan koperasi Obor Mas secara khusus boleh mengambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Sejauh ini, jumlah anggota Kopdit Obor Mas di Kabupaten Timor Tengah Selatan berjumlah 1200-an orang. Sedangkan di Kabupaten Belu sebanyak 2100-an orang. Jumlah anggota secara umum sudah mencapai lebih dari  120 ribu orang.

Rencananya, peresmian Kantor Cabang Soe dan Belu itu akan dilakukan oleh orang nomor satu di kedua wilayah tersebut dan dihadiri juga Menteri Koperasi RI, Teten Masduki, secara daring dari Jakarta. Dan akan dihadiri langsung oleh tokoh koperasi nasional Romanus Woga, Kadis Koperasi  dan Nakertrans Provinsi NTT, dari Puskopdit Swadaya Utama, Puskopdit Bekatigade Timor, serta para mitra dan penggerak koperasi kredit. (*)

Baca juga: Persemian Kantor Kopdit Obor Mas Cabang TTS dan Belu, Menteri Koperasi Akan Hadir Secara Virtual