KSP Kopdit Pintu Air Gelar RAT Online

Maumere, medikastar.com

Usai beberapa waktu menanti akibat pandemic covid-19, KSP Kopdit Pintu Air Rotat Indonesia akhirnya menggelar Rapat Anggota Tahunan secara online (E-RAT). Rapat online ini dilangsungkan selama 2 hari, sejak Jumat (26/06/20) hingga Sabtu (27/06/20).

Digelar di Auditorium Sumur Yakub, Kantor Pusat KSP Kopdit Pintu Air, Kampung Rotat, Kabupaten Sikka, E-RAT ini disiarkan secara langsung di channel youtube KSP Kopdit Pintu Air dan dapat diikuti oleh seluruh anggota di seluruh penjuru nusantara.

Link E-RAT KSP Kopdit Pintu Air: https://www.youtube.com/channel/UC5HeC4gLdcXFT1VrArFrlbw

Dalam dua hari tersebut, dengan menerapkan protocol kesehatan yang ketat, diselenggarakan beberapa agenda, antara lain pada Jumat, (26/06/20) dilangsungkan Misa Syukur dan juga Peluncuran Buku, “Mengalir Sampe Ke Hati.” Sedangkan di hari Sabtu (27/06/20) akan diselenggarakan RAT tahun buku 2019 dan juga pemilihan pengurus pengawas periode 2020-2024. Di hari kedua tersebut juga akan dilaksanakan pelantikan pengurus pengawas periode 2020-2024.

“Kemana saja air itu mengalir, kehidupan akan berkelimpahan,” ungkap Ketua Umum KSP Kopdit Pintu Air, Yakobus Jano mengawali sambutannya dalam acara yang dihadiri oleh Wakil Bupati Sikka, Romanus Woga, Jumat (26/06/20).

Di kesempatan itu, dirinya sedikit berkisah tentang sejarah perjalanan KSP Kopdit Pintu Air yang merayakan usia 25 tahun pada 1 April 2020 lalu. Pada mulanya, Koperasi ini berawal dari 50 orang di sebuah kampung kecil di Kabupaten Sikka, yakni kampung Rotat.

Yakobus mengatakan bahwa dari 50 orang tersebut, KSP Kopdit Pintu Air kemudian berkembang dan hingga memiliki anggota sebanyak 231.477 anggota per desember 2019. Hingga Juni 2020, terdata telah ada 242.112 orang anggota riil yang tersebar di seluruh pelosok nusantara.

“Ini merupakan sebuah peristiwa yang membanggakan untuk kita semua. Hari ini kita mengucapkan syukur,” tuturnya bangga.

Menurut Yakobus, peristiwa 25 tahun merupakan saat yang tepat untuk merefleksikan perjalanan panjang KSP Kopdit Pintu Air. Moment 25 tahun baginya merupakan saat yang tepat bagi generasi di koperasi tersebut untuk membangun kekuatan demi menghantar KSP Kopdit Pintu Air menuju usia emas, 50 tahun.

“Saya mengajak kita semua untuk menghantar KSP Kopdit Pintu Air ini menuju 50 tahun atau pesta emas. Saya mengharapkan generasi berikutnya untuk mengawal lembaga ini semakin berjaya di masa depan,” tegasnya.

Selain itu, Yakobus juga mengajak seluruh pihak yang ada di KSP Kopdit Pintu Air, baik itu komite, kelompok, cabang, KCP, dan pusat, untuk bersatu padu dan memberikan pelayanan dengan hati.

“Mari kita melayani dengan hati,” ajaknya.

Ia juga menyinggung mengenai pandemic covid-19 yang juga berdampak pada kehidupan berkoperasi. Menurutnya, wabah ini mempengaruhi pertubuhan anggota, simpanan, angsuran, dan berbagai hal lainnya. Akan tetapi, hal tersebut perlu dilihat sebagai sebuah tantangan yang perlu disyukuri.

“Ini semua adalah tantangan dan tantangan ini perlu kita syukuri dan kita berjuang agar bagaimana lembaga kita ini bisa hidup seribu tahun lagi,” tutur Yakobus. (*/Red)

Video: Medika Star | Gugus Tugas Covid-19 Provinsi NTT | Protokol Kesehatan di Rumah Ibadah