Langkah Penanganan Hepatitis Akut Pada Anak

Medikastar.com – Beberapa waktu lalu, World Health Organization (WHO) melaporkan bahwa kejadian hepatitis akut atau “misterius” yang menyerang anak-anak di berbagai negara sejak 5 April 2022 silam. Kejadian  ini menimpa anak-anak yang sebelumnya sehat, dengan rentang usia mulai dari 11 bulan sampai 5 tahun.

Sementara di Indonesia sendiri, Kementerian Kesehatan RI telah melaporkan adanya temuan tiga kasus kematian yang diduga akibat hepatitis akut ini sebanyak 15 kasus hingga 9 Mei 2022.

Wabah penyakit ini disebut misterius karena hingga kini belum diketahui penyebabnya secara pasti sehingga memerlukan penelitian yang mendalam. Saat ini WHO menyatakan bahwa hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya sebagai kejadian luar biasa yang menyerang anak-anak di Eropa, Amerika dan Asia

Nah, sebagai upaya pencegahan, yuk simak langkah penanganannya yang dirilis oleh Kemenkes:

Mewaspadai gejala

Orang tua harus mewaspadai gejala awal seperti diare, mual, muntah, sakit perut, dan bisa disertai demam ringan. Gejala hepatitis akut misterius pada anak juga dapat berlanjut dengan air kencing yang berwarna pekat dan pucat. Selain itu, gejala lain adalah mata dan kulit bisa menguning, gangguan pembekuan darah, kejang, serta kesadaran menurun.

 Segera rawat

Jika mulai timbul gejala, segera bawa pasien ke puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut.

Tidak menunggu gejala berlanjut

Jangan tunggu hingga gejala lanjutan seperti kulit dan mata kuning, agar tidak terlambat dalam memberikan penanganan terhadap dugaan penyakit hepatitis akut.

Fasilitas ICU anak

Jika pasien mengalami penurunan kesadaran, maka segera bawa anak ke rumah sakit dengan fasilitas ICU anak.

Adapun untuk pencegahannya, masyarakat dihimbau untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, terutama rutin melakukan cuci tangan menggunakan sabun yang bisa mencegah terjadinya penularan berbagai macam penyakit infeksi.

Itulah empat langkah penting dalam penanganan hepatitis akut misterius pada anak.

Mencegah dan mengantisipasi penularan hepatitiis akut misterius, hindari kontak dengan orang sakit dan terapkan protokol kesehatan seperti mengurangi mobilitas, menggunakan masker selama berpergian, jaga jarak dengan orang lain, serta hindari keramaian dan kerumunan.