klinik king care jakarta.jpeg

Launching Klinik dan Peringati Sumpah Pemuda, King Care Jakarta Gelar Webinar Nasional Gratis

Jakarta, Medikastar.com

Dalam rangka launching klinik dan memperingati Sumpah Pemuda, King Care Jakarta akan menggelar webinar nasional dengan tema Manajemen Paliatif Care Pada Pasien Kanker. Webinar gratis ini akan dilaksanakan pada Jumat, 28 Oktober 2022 dengan menghadirkan 4 narasumber dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Perawat Nasionaal Indonesia (PPNI), Kementerian Kesehatan, dan dokter spesialis.

Empat narasumber itu adalah dr. Cecilia Padang, PhD, FACR, Ketua IDI Cabang Jakarta Barat,  Prof. Zubairi Djoerban, dokter spesialis Hematologi-Onkologi, Agung Waluyo, S.Kp, M.Sc, P.hD, Pakar Asuhan Keperawatan Kanker DPP PPNI, dan dr. Eva Susanti, S.KP., M.Kes, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Ditjen P2P, Kemenkes. Selain itu, seminar ini juga menghadirkan salah satu Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Melky Laka Lena, sebagai keynote speaker.

Direktur Klinik King Care, dr. Yoseph Elkridus Gonang, atau yang biasa disapa dr. Eky menjelaskan bahwa seminar ini berangkat dari kenyataan bahwa dalam beberapa tahun terakhir ada kecenderungan pergeseran pola penyakit dari penyakit menular menjadi penyakit tidak menular.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2013 terungkap bahwa prevalensi Penyakit Tidak Menular adalah sebagai berikut: hipertensi (25,8%), penyakit gagal jantung (0,3%), penyakit gagal ginjal kronik (0,2%), tumor/kanker (1,4%), asma (4,5%),diabetes mellitus (2,1%), dan stroke (12,1%). Dari data tersebut dapat dilihat bahwa prevalensi penyakit kanker juga cukup tinggi, yaitu 1,4 per 1000 penduduk.

Tak hanya menimbulkan sakit yang menyiksa dan mengganggu, pembiayaan penyakit kanker tergolong sangat tinggi. Pembiayaan kanker pada Jamkesmas tahun 2012 sebesar Rp. 144,7 miliar, menempati urutan ke-2 setelah hemodialisa.

“Oleh karena itu, webinar nasional tentang kanker merupakan salah satu upaya pengendalian dengan cara meningkatkan pengetahuan, kesadaran, kewaspadaan tenaga medis dan masyarakat terutama untuk melakukan upaya pencegahan dan deteksi dini,” kata dr. Eky.

Webinar gratis ini selain terbuka untuk umum, tetapi secara khusus menyasar para tenaga kesehatan yakni dokter dan perawat di seluruh Indonesia. Karena keikutsertaan para nakes dalam seminar ini sangat banyak manfaatnya. Di antaranya adalah memperbaharui ilmu dan pengetahuan tentang penanganan penyakit kanker dan mendapat SKP (Satuan Kredit Profesi) IDI dan PPNI.

Selain itu, peserta kegiatan juga akan mendapat aneka voucher menarik dari para sponsor yakni, diskon layanan kesehatan dari Klinik King Care, diskon layanan digital marketing, pembuatan website dan aplikasi, dan social manajemen dari Digitalized King, dan juga diskon liburan ke Labuan Bajo dari King Travel Asia.

Bagi tenaga kesehatan, khususnya para dokter dan perawat, serta masyarakat umum yang mau mengikuti webinar ini bisa mendaftarkan diri melalui link berikut ini Pendaftaran Webinar King Care. Atau bisa menghubungi nomor kontak berikut ini: 0813-3921-4813. (*)

Baca juga: Izin Klinik Terbit, King Care Jakarta Mulai Beroperasi