Lima Aktivitas Ini Bisa Tingkatkan Kreativitas Anak di Masa Pandemi

MedikaStar.com

Selama masa pandemi Covid-19 berlangsung, anak-anak sekolah lebih banyak menghabiskan waktunya untuk belajar dan bermain di rumah. Kebanyakan orang tua mengakui bahwa aktivitas dari rumah tersebut terasa lebih sulit dijalankan. Hal tersebut dapat menyebabkan anak menjadi stres. Bahkan, mereka dapat mengalami penurunan kemampuan, baik secara akademik dan aspek lainnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, orang tua dan keluarga perlu menjadi pendorong yang baik guna membuat anak tetap dapat belajar di rumah dengan semangat. Dibutuhkan kegiatan-kegiatan yang bisa meningkatkan kreativitasnya. Berikut adalah lima aktivitas yang dapat meningkatkan kreativitas anak di masa pandemi.

Membuat DIY Tie-Dye

DIY Tie-Dye adalah kegiatan membuat baju menjadi lebih menarik dengan berbagai macam warna. Kegiatan ini menjadi tren dari segala kalangan dan usia di tahun ini. Untuk membuatnya, telah tersedia berbagai macam peralatan yang dijual secara online, maupun dapat disediakan sendiri di rumah. Turorialnya pun sudah banyak tersedia di internet.

Dengan melakukan kegiatan tersebut, anak dapat dilatih untuk mengekspresikan diri menggunakan warna-warna pilihannya pada baju yang akan diolah. Selain itu, ia pun dapat menghasilkan karya baju menarik yang dapat dipakainya sehari-hari.

Bermain Peran atau Teater

Guna mengasah kreativitas anak dalam berpikir, orang tua dapat mengajak anaknya untuk bermain peran. Ajaklah anak untuk bersama-sama mempersiapkan cerita, properti pendukung, serta latihan bersama. Ia akan terlatih untuk membuat cerita menarik yang didukung oleh perlengkapan yang tepat.

Jika mereka juga tertarik, kombinasikanlah drama yang dibuat dengan musik. Banyak contoh yang dapat dipakai untuk menjalankan “proyek” ini. Referensi-referensi yang kreatif dapat diperoleh dari internet. Kegiatan ini akan mendorong anak untuk berpikir secara kreatif, menjadi manager yang baik, serta usaha yang keras.

Menari Bersama

Menari merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Di samping itu, aktivitas ini dapat mengusir stres, mendatangkan tawa, serta mendorong adanya gerakan fisik atau olahraga. Banyak gerakan tarian yang tersedia di internet. Dengan melakukannya, anak-anak akan menjadi lebih bersemangat dalam menjalankan aktivitasnya di rumah, serta memiliki fisik dan mental yang bugar.

Bermain Mencocokkan Tulisan dan Gambar

Permainan ini dinilai dapat meningkatkan kemampuan anak dalam berpikir dan menganalisis. Ia akan berusaha untuk menyambungkan tulisan yang ada dengan gambar yang cocok.

Orang tua dapat membuatnya dengan cara menuliskan kata-kata dalam kertas seperti kapal, rumah, mobil, dan lain sebagainya pada masing-masing sepotong kertas. Kemudian, carilah gambar yang cocok pada koran atau majalah bekas yang ada dan guntinglah gambar tersebut. Letakkan secara acak di depan anak dan mintalah dia mencocokkan tulisan dan gambar tersebut. Agar lebih menarik, pakailah batas waktu.

Bercerita atau Mendongeng

Anak-anak sangat menyukai dunia cerita atau dongeng. Mereka akan menyimak dengan serius setiap cerita yang disampaikan dan mulai berimajinasi tentang isi dongeng yang disampaikan.

Agar anak terbiasa untuk menyimak dengan seksama, mintalah ia untuk menyimpulkan apa pelajaran atau inti cerita yang didapat, setelah kegiatan mendongeng selesai dilakukan. Hal-hal tersebut dapat mendorong peningkatan kemampuan bahasa sang anak, serta membantunya menjadi penyampai cerita yang baik nantinya.

Itulah lima aktivitas menyenangkan yang dapat meningkatkan kreativitas anak-anak di masa pandemi. Seluruh kegiatan tersebut pun dapat dilakukan di rumah saja bersama keluarga. Kira-kira, kegiatan mana yang akan anda lakukan bersama anak anda? Mungkin saja ada aktivitas lain yang menurut anda sangat menarik. Lakukanlah dengan cara-cara yang menyenangkan. (har/forbes/ceelin)

Baca juga: Membantu Anak-Anak Belajar dari Rumah Selama Masa Pandemi

Ayo Lindungi Keluarga Kita dari Covid-19