jatuh cinta

Manfaat Jatuh Cinta bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Medikastar.com

Soal cinta memang tidak akan ada habisnya dan memang selalu menyenangkan untuk dibahas. Mulai dari indahnya jatuh cinta hingga sakitnya putus cinta. Selalu saja ada cerita menarik dan unik jika membahas perihal cinta.

Tapi, tahukah anda kalau jatuh cinta memiliki manfaat untuk kesehatan fisik dan mental?

Lantas, apa saja manfaatnya? Simak ulasannya dibawah ini ya!

Melansir dari kompashealth.com, ahli jantung dari Anne Arundel medical center mengatakan bahwa jatuh cinta dapat mempengaruhi seluruh aspek kehidupan, mulai dari tingkat stress hingga kesehatan jantung.

Berikut beberapa manfaat jatuh cinta bagi kesehatan yang harus anda ketahui:

Meningkatkan kesehatan jantung

Hasil penelitian dari Pittsburgh University mengatakan, wanita yang menjalani pernikahan dengan bahagian memiliki gangguan kesehatan jantung lebih rendah dibandingkan dengan wanita yang menjalani hubungan tidak sehat.

Para ahli pun juga mengatakan bahwa orang yang telah menikah mengalami penurunan risiko kematian akibat penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang belum menikah. Dimana studi menjelaskan, pernikahan dan ikatan sosial yang kuat dapat menyeimbangkan tekanan darah.

Menurunkan tingkat stress dan depresi

Perasaan bahagia dapat menurunkan tingkat stress dan juga depresi. Dimana pada kenyataannya, seseorang yang sedang jatuh cinta akan lebih banyak tertawa sehingga dapat membantu untuk menurunkan tingkat stres.

Jatuh cinta berkaitan dengan peningkatan hormon oksitosin yang membuat terhindar dari stres maupun depresi.

Menyehatkan paru-paru

Selain kedua hal diatas, menikah juga dapat membantu untuk melindungi diri dari komplikasi dan kematian akibat pneumonia.

Memperpanjang usia

Seorang psikiater dari OptumHealth, Joseph Hullet mengatakan orang yang memiliki pasangan adalah mereka yang punya tingkat stres rendah. Dimana tingkat stres yang rendah dapat meningkatkan kualitas kesehatan seseorang.

Membuat kulit lebih cerah

Seorang dermatologis dari New York mengungkapkan bahwa ini berkaitan karena seseorang yang mengalami jatuh cinta dapat menurunkan hormon kortisol dalam tubuh.

Hormon kortisol sendiri berkaitan erat dengan tingkat stres yang dialami dan dapat menjadi penyebab munculnya jerawat pada tubuh.

Itu dia beberapa manfaat dari jatuh cinta bagi kesehatan fisik dan mental anda. Jadi, tidak ada salahnya untuk merasakan jatuh cinta setiap hari agar anda bisa terhindar dari berbagai gangguan kesehatan fisik maupun mental. (ctr/*)

Baca juga: SMPN 12 Kota Kupang Libatkan Orang Tua dalam Persiapan Tatap Muka Terbatas