nebulizer dan inhaler

Mengenal Perbedaan Nebulizer dan Inhaler untuk Pasien Sesak Nafas

Medikastar.com

Sering dikira sama, namun kedua alat ini ternyata berbeda. Nebulizer dan inhaler merupakan alat bantu untuk pasien yang kesulitan dalam pernapasan.

Lantas apa perbedaannya? Simak bacaan dibawah ini untuk mengenal perbedaan antara nebulizer dan inhaler ya!

Nebulizer merupakan alat hirup yang digunakan untuk membantu pernapasan bagi pasien asma, PPOK, fibrosis, dan lainnya.

Inhaler adalah alat genggam kecil yang digunakan untuk memasukkan obat langsung ke paru-paru. Obatnya adalah kabut atau semprotan yang dikeluarkan oleh pasien saat mereka menghirup.

Inhaler sama seperti nebulizer, ini adalah alat bantu bagi penderita penyakit pernapasa termasuk asma. Dua alat yang digunakan dengan cara dihirup dan dapat dipakai oleh usia anak-anak maupun orang dewasa.

Meskipun memiliki fungsi dan tujuan yang sama, nebulizer dan inhaler memiliki dosis obat serta cara penggunaan yang berbeda.

Melansir dari Teens Health, nebulizer adalah mesin bertenaga listrik yang mengubah obat cair menjadi kabut sehingga digunakan dengan dihirup secara langsung melalui masker atau corongnya.

Selain itu, nebulizer juga memiliki ukuran yang lebih besar daripada inhaler dan harus tersambung dengan sumber listrik, meskipun  bentuknya portabel dan dapat dibawa ke mana-mana.

Menurut Healthline, nebulizer lebih mudah digunakan daripada inhaler terutama anak-anak yang sedang melakukan terapi penyembuhan penyakit asma. Hal tersebut dikarenakan nebu memiliki partikel uap yang membuat obat lebih cepat meresap ke paru-paru lebih efektif daripada inhaler.

Inhaler adalah alat semprotan yang mengabutkan obat agar dapat langsung masuk menuju paru-paru. Berbeda dengan obat minum, obat ini berjenis cairan yang dikabutkan serta disemprotkan ke bagian mulut penderita.

Kelebihan dari menggunakan inhaler adalah karena ukurannya yang kecil sehingga lebih mudah untuk dibawa-bawa, perawatan lebih cepat, cocok untuk pertolongan pertama bagi penderita asma dan tidak memerlukan listrik untuk bisa menggunakannya.

Baik nebulizer maupun inhaler, keduanya dapat memberikan bantuan untuk penyakit pernapasan saat digunakan dengan benar. Pasti kan jika anda mencoba kedua perangkat tersebut untuk melihat manakah yang lebih nyaman untuk digunakan, dimana kemampuan fisik anda menjadi faktor penentu dalam hal ini.

Untuk anda yang tidak memiliki mesin  nebulizer di rumah, jangan khawatir. Jika membutuhkan, anda bisa pergi ke rumah sakit atau klinik kesehatan yang menyediakan layanan nebulizer seperti Klinik King Care.

Mau pakai nebulizer tapi tidak perlu antri? Gampang, tinggal daftar dari aplikasi King Care! Download aplikasinya sekarang dan dapatkan informasi layanan kesehatan secara lengkap dan tepat. (*/ctr)

Baca juga: Mengenal Microsleep, Tidur Singkat yang Bisa Berbahaya