vaksinasi di kota kupang

Minggu Kedua Bulan Oktober, Kota Kupang Capai Target Vaksinasi 80 Persen

Kota Kupang, Medikastar.com

Memasuki Minggu kedua bulan Oktober, vaksinasi Covid-19 di Kota Kupang mencapai target 80 persen untuk dosis pertama. Data dari Satgas Covid-19 Kota Kupang yang dikeluarkan Senin (11/10/2021), vaksinasi di Kota Kupang mencapai 80,09 persen.

Sebanyak 267.234 orang warga Kota Kupang telah menerima vaksinasi dosis pertama dari target 333.628. Realisasi tersebut lebih cepat dari prediksi Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man pada akhir September lalu. Hermanus menargetkan, vaksinasi Kota Kupang akan mencapai 80 persen vaksinasi dosis pertama pada akhir Oktober ini.

Sementara itu, vaksinasi dosis kedua sudah mencapai 48,37 persen dengan capaian sasaran vaksin sebanyak 161.401 orang. Hermanus mengatakan, vaksinasi dosis kedua tergantung pada jenis vaksin yang digunakan. Warga yang disuntikkan vaksin jenis AstraZeneca harus menunggu sampai 3 bulan pasca vaksin pertama untuk menerima vaksin dosis kedua.

“Vaksinasi dosis kedua ini akan lebih mudah karena sudah by name by address,” kata Hermanus.

Disaat yang bersamaan, jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 1 orang. Total kasus terkonfirmasi sebanyak 15.281 kasus.

Sementara itu, pasien sembuh bertamabah 6 orang menjadi 14.873 orang. Pasien Covid-19 yang masih menjalani perawatan sebanyak 79 orang. Dan pasien yang meninggal sebanyak 329 orang.

Berkurangnya jumlah pasien aktif itu berdampak pada sebaran kasus di setiap kelurahan. Saat ini tidak ada lagi kelurahan yang masuk kategori zona merah. Untuk kategori zona orange hanya tersisa 2 kelurahan, yakni kelurahan Oebobo dengan pasien aktif sebanya 7 orang dan kelurahan Liliba dengan pasien yang dirawat 6 orang.

Sementara itu, 27 kelurahan masuk kategori zona kuning. Sedangkan 22 kelurahan sudah dinyatakan zona hijau atau tidak memiliki pasien aktif lagi. (joe/*)

Baca juga: Angka Stunting di NTT Turun 3,2 Persen, Tersisa 80.909 Anak Stunting