Observasi WNI dari Wuhan di Natuna Berakhir, Menkes Pastikan Semuanya Sehat

Natuna, medikastar.com

Menteri Kesesehatan Ri,  dr. Terawan Agus Putranto menegaskan bahwa kondisi semua WNI dari Wuhan yang diobservasi di Natuna dalam keadaan sehat. Setiap hari, pagi dan sore mereka dicek kesehatannya satu-persatu.

“Sampai detik ini dinyatakan sehat oleh tim yang bersama-sama dengan mereka,” kata Terawan, di Kantor Kemenkes Jakarta, Jumat (14/2/20).

Menkes berharap doa dari seluruh masyarakat dalam menanti berakhirnya masa observasi ini.

“Saya berharap doa dari seluruh bangsa rakyat negara Indonesia ini di dalam menanti sampai esok hari tanggal 15 Februari 2020. Di mana pukul 12.00 menjadi waktu berakhirnya masa observasi WNI sehat dari Wuhan berakhir,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Terawan berharap dalam waktu yang tidak terlalu lama mereka semua bisa kembali ke keluarganya masing-masing dengan kondisi tetap sehat dan disambut oleh keluarga, tetangga, teman-teman dengan ucapan syukur dan mereka semua bergembira dan berbahagia.

Mekanisme pemulangan, menurutnya, para WNI tersebut akan dilakukan dengan upacara kecil untuk mengucap syukur kepada Tuhan karena atas berkat dan rahmatnya semua berjalan dengan baik sehingga apa yang dikerjakan oleh pemerintah bersama rakyat di Natuna, berjalan baik.

Selanjutnya, setelah mereka pulang akan dilakukan surveilans tracking oleh Dinas Kesehatan.

“Dinas (Dinas Kesehatan) melakukan pemantauan untuk mengetahui keluhan atau apapun sebagai wujud tanggung jawab bersama pemerintah melalui Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan untuk melakukan surveilans tracking,” jelas Terawan.

Surveilen tracking dilakukan sewaktu-waktu. Bisa Dinkes yang aktif atau WNI dari observasi yang aktif. Bila tidak ada keluhan maka sudah selesai. Meski demikian, menurut Terawan, data pasca observasi tetap penting untuk mengingatkan cara hidup sehat dan mengingatkan untuk menjaga imunitas tubuh dengan baik. (*/sehatnegeriku)

Baca Juga: Lepas 116 Dokter Internsip, NTT Kembali Terima 101 Dokter Internsip Baru