PAFI Provinsi NTT Berbagai Kasih di Desa Oelatimo

Oelamasi, medikastar.com

Mengusung tema, “PAFI NTT Berbagai Kasih,” Pengurus Daerah Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) NTT menggelar bakti sosial di Desa Oelatimo, Kabupaten Kupang, Sabtu (18/07/20). Dalam Bakti sosial tersebut masyarakat Desa Oelatimo diberikan bantuan berupa sembako, masker, dan juga hand sanitizer. Bantuan  ini diberikan secara khusus bagi masyarakat Desa yang terdampak covid-19.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua PAFI NTT, Tamran Ismail, S.Si, MP; Kepala Desa Oelatimo, Justen Gibral Lalan; para pengurus daerah PAFI NTT, perangkat desa, perwakilan Satpol PP kabupaten Kupang, dan masyarakat penerima bantuan.

Panitia Kegiatan Bakti Sosial

Ketua PAFI NTT, Tamran Ismail, S.Si, MP dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Desa Oelatimo dan juga seluruh masyarakat desa yang telah menerima PAFI NTT dengan baik. Dikatakan olehnya bahwa apa yang dilakukan oleh PAFI NTT tersebut merupakan sebuah bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak covid-19.   

“Kami hadir dan memberikan sedikit dari apa yang dimiliki oleh kami dari PD PAFI NTT. Ini merupakan dana yang kami kumpulkan dari seluruh teman-teman PAFI se-NTT. Ini juga merupakan kali pertama kami memberikan bantuan kepada masyarakat secara langsung,” tutur Tamran.

Ia berharap agar sedikit bantuan yang diberikan oleh PAFI NTT dapat meringankan beban dan sekaligus membantu masyarakat yang menerimanya.

“Kita ketahui bahwa kondisi saat ini memang sangat dirasakan oleh masyarakat, jadi kami berharap agar apa yang kami berikan ini dapat membantu. Tujuan dari apa yang kami lakukan ini tentunya ialah untuk kebaikan kita semua,” katanya.

Salah satu warga (kiri) saat menerima bantuan

Tamran juga mengungkapkan bahwa ke depan pihaknya akan terus konsisten untuk melakukan bakti sosial di tempat-tempat lainnya.

Ucapan terima kasih dan apresiasi untuk PAFI NTT datang dari Kepala Desa Oelatimo, Justen Gibral Lalan. Mewakili pemerintah desa dan juga seluruh masyarakat, dirinya mengucapkan terima kasih pasalnya Desa Oelatimo dipilih sebagai desa dimana PAFI menggelar bakti sosial perdana.

“Ini seperti mimpi, kami seperti mendapat mimpi di siang hari, sebab apa yang terjadi hari ini tidak diagendakan oleh masyarakat bahkan oleh pemerintah desa Oelatimo,” ungkapnya.

Justen mengakui bahwa kondisi perekonomian masyarakat di desanya akhir-akhir ini memang cukup sulit. Selain karena covid-19, kurangnya curah hujan tahun ini juga cukup berpengaruh terhadap kehidupan ekonomi warga desanya.

“Untuk itu, di kesempatan ini kami pemerintah desa mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih banyak yang setulus-tulusnya kepada pengurus daerah PAFI NTT yang sudah peduli terhadap kami, khususnya dalam memperhatikan kebutuhan masyarakat kami yang terdampak covid-19,” katanya.

Bantuan kepada para pedagang di area wisata Gunung Fatuleu

Ia berharap agar ke depan terus terbangun kerja sama antara PAFI NTT dengan pemerintah desa dan juga masyarakat Oelatimo. Menurutnya, apapun program yang direncanakan oleh PAFI NTT ke depan, pemerintah desa Oelatimo dan masyarakat siap berkolaborasi.

Sementara itu, Roswita Angelina Sengo, salah satu warga desa Oelatimo yang menerima bantuan dari PAFI NTT menuturkan bahwa bantuan yang diterima merupakan sebuah hal yang sangat bermanfaat bagi dia dan keluarganya. Untuk itu, dirinya dengan tulus hati mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh PAFI NTT tersebut.

Terpantau, selain memberikan bantuan, masyarakat setempat juga diberikan edukasi mengenai cara penggunaan hand sanitizer. Usai memberikan bantuan di Desa Oelatimo, tim PD PAFI NTT kemudian bergerak menuju tempat wisata yang tak jauh dari desa tersebut, yakni Gunung Fatulueu. Di sana, tim PD PAFI NTT juga memberikan bantuan berupa masker dan hand sanitizer bagi para pedagang dan masyarakat yang berada di sekitar lokasi wisata tersebut. (*/Red)

Video: Mengapa Harus Cuci Tangan?