Pandemi Belum Usai, Jaga Imun Tubuh dengan 5 Cara Ini

MedikaStar.com

Pandemi Covid-19 belum juga menunjukkan tanda-tanda akhir. Sebaliknya, jumlah kasus masih terus mengalami kenaikan, baik di NTT maupun di Indonesia secara umum. Selain protokol kesehatan 5M, kita juga dihimbau untuk menjaga sistem imun agar tidak mudah terinfeksi Covid-19.

Pada dasarnya, tubuh manusia memiliki sistem imun untuk melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Namun, ada hal-hal yang dapat melemahkan sistem imun atau daya tahan tubuh seseorang, antara lain penuaan, kurang gizi, penyakit, bahkan obat-obatan tertentu. Oleh karena itu, fungsi sistem imun perlu senantiasa dijaga agar daya tahan tubuh kuat.

Untuk itu, berikut adalah lima tips untuk menjaga sistem imun atau daya tahan tubuh agar bisa memcegah Covid-19.

1. Konsumsi buah dan sayur

Buah-buahan dan sayuran segar, terutama yang mengandung vitamin A dan C, sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh Anda dan harus dikonsumsi setiap hari.

Vitamin C mengandung antioksidan, yaitu molekul yang bisa melawan molekul lain ( radikal bebas) perusak sel-sel dalam tubuh.

Sementara itu, vitamin A berfungsi untuk merangsang produksi sel darah putih atau leukosit. The American Cancer Society menyebut sel darah putih adalah sel utama yang bertanggung jawab untuk melindungi tubuh terhadap infeksi.

2. Makan makanan yang bergizi seimbang

Selain buah dan sayuran segar yang padat nutrisi, pola makan yang sehat mencakup biji-bijian, berbagai protein, dan produk susu bebas lemak atau rendah lemak.

3. Tetap beraktivitas

Aktivitas fisik meningkatkan kesehatan kardiovaskular, mengurangi stres, membantu tidur, dan memiliki banyak manfaat lainnya.

Meskipun olahraga mungkin tidak memperkuat kesehatan kekebalan secara langsung, manfaat berolahraga mendukung kesehatan yang baik secara umum.

4. Relaksasi

Setiap orang pasti pernah mengalami stres dalam hidupnya. Namun, stres yang konsisten dalam jangka waktu yang lama atau dikenal sebagai stres kronis dapat membahayakan kesehatan mental dan fisik Anda.

Aktivitas seperti yoga atau berjalan-jalan bisa jadi pilihan. Orang lain menganggap hobi lebih santai, seperti membaca atau membuat kue juga sebagai relaksasi. Lakukan apa pun yang terbaik untuk “mengisi ulang baterai Anda” dan lakukan sesering mungkin.

5. Tidur cukup

Tidur yang cukup adalah perilaku lain yang mungkin tidak memperkuat kekebalan tubuh secara langsung, tetapi secara keseluruhan berkontribusi pada kesehatan.

Selama tidur, tubuh meregenerasi jaringan dan otot kita. Tidur juga memungkinkan otot-otot kita untuk rileks.

Penelitian dari National Institutes of Health menunjukkan kurang tidur kronis dapat meningkatkan risiko depresi, penyakit kardiovaskular, dan masalah kesehatan lainnya. (*/detikhealth)

Baca juga: Varian Delta Sudah Masuk di NTT, Masyarakat Diminta Tetap Tenang dan Taat Prokes