Pasien Membludak di IGD RSUD Johannes Kupang

Kota Kupang, medikastar.com

Puluhan pasien membludak di IGD RSUD Prof. Dr. W.Z Johannes Kupang, Sabtu (15/02/20) malam. Terpantau karena banyaknya jumlah pasien, seluruh tempat tidur yang tersedia di IGD tersebut ditempati oleh pasien. Bahkan beberapa pasien terpaksa harus dilayani oleh para tenaga kesehatan di kursi yang tersedia di ruangan tersebut.

Salah satu perawat yang bertugas di IGD pada kesempatan tersebut menuturkan bahwa sebagian besar pasien datang dengan keluhan Febris atau demam atau peningkatan suhu tubuh lebih dari 37,5 derajat Celsius. Selain febris, ada beberapa pasien lainnya yang masuk karena beberapa penyakit lainnya seperti stroke, Asma, cedera kepala, dan beberapa keluhan lainnya.

Walaupun jumlah pasien membludak namun terpantau para pasien tersebut semuanya dapat dilayani secara baik oleh para petugas kesehatan yang bertugas, baik itu dokter maupun perawat.

Waspada DBD

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT terus mengingatkan masyarakat NTT untuk waspada terhadap DBD. Dirinya mengingatkan bahwa tahun ini merupakan tahun dimana pihaknya mengantisipasi siklus 5 tahunan penyebaran DBD. Pada tahun 2015 silam telah terjadi kejadian luar biasa (KLB) DBD di NTT. Di tahun 2020 ini, telah terjadi KLB DBD lagi di beberapa wilayah di NTT.

“Kita ketahui bahwa di tahun ini terjadi perubahan musim yang cukup ekstrim. NTT biasanya mulai musim penghujan pada bulan Oktober, tetapi saat ini sudah bergeser ke Desember. Karena itu kita harus mencegah kejadian DBD ini, dari pada kita mengatasi kejadian setelah kejadian tersebut berkembang besar,” tegas sebagaimana diberitakan oleh media ini beberapa waktu lalu.

drg. Dominikus juga menegaskan agar semua pihak cepat bertindak apabila menemukan kejadian DBD, karena intinya ialah cepat penanganan cepat juga teratasi.

“Yang sering terjadi dan menjadi berat ialah pasien ditangani dulu sendiri di rumah beberapa hari baru di antara ke fasilitas kesehatan,” katanya. (*/red)