pemuda GMIT oeekam

Pemuda GMIT Nazareth Oeekam Gelar Donor Darah, Pendonor Mengaku Bahagia

SoE, Medikastar.com

Pemuda GMIT Nazareth Oeekam, di Desa Oeekam, Kecamatan Amanuban Timur, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) melakukan aksi sosial donor pada Jumat (5/11/2021). Aksi sosial itu dilakukan dalam rangka perayaan HUT GMIT dan HUT Reformasi Tahun 2021.

Donor darah itu diselenggarakan atas kerja sama dengan RSUD SoE sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan darah. Dengan ketersedian stok darah, warga yang membutuhkan tidak akan kesulitan.

Aksi donor darah itu merupakan yang pertama kali dilaksanakan di tempat itu. Meski demikian, antusiasme jemaat dan pemuda sangat tinggi. Dari aksi tersebut, sebanyak 27 kantong darah berhasil dikumpulkan.

Ketua Majelis Jemaat Nazareth Oeekam, Pdt. Yanse N.M. Liunokas Benu, S.Th mengapresiasi para pemuda yang berinisiatif melakukan aksi sosial itu. Ia mengakui, setitik darah yang disumbangkan akan sangat bermanfaat bagi saudara-saudara yang membutuhkan.

Karena itu, dirinya mendukung penuh niat baik itu dan menyampaikan terima kasih atas kerja keras anak-anak muda itu. Tak lupa juga kepada tim dari RSUD SoE yang bersedia untuk mendatangi lokasi yang cukup jauh dari Kota SoE itu.

“Sekantung darah yang diberikan hari ini sangat bermanfaat bagi kehidupan sesama. Saya juga menyampaikan terima kasih kepada tim RSUD yang sudah jauh-jauh datang untuk membantu kami melancarkan aksi donor darah ini,” ujar Pdt. Yanse.

Ia berharap, kegiatan-kegiatan serupa dapat ditingkatkan oleh para pemuda. Sebab lewat aksi-aksi sosial seperti itu, banyak orang akan terberkati. “Teruslah menjadi berkat bagi sesama dengan apa yang dimiliki,” harap Pdt. Yanse.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia pelaksanaan aksi donor darah Cavic Juniaty Tityahi, S. Th menyampaikan terima kasih kepada semua yang mengambil bagian dalam aksi donor darah itu. Aksi donor darah itu selain diikuti oleh pemuda dan jemaat Nazareth Oeekam, hadir pula Orang Muda Katolik (OMK) Oeekam serta dari Remaja Masjid Oeekam.

“Selain sebagai aksi sosial membantu saudara-saudara yang membutuhkan darah, kegiatan ini juga memperat persaudaraan ditengah masyarakat,” jelas Juniaty.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Ketua Panitia, Yusuf A. Djonga selaku Ketua Pemuda Jemaat Nazareth Oeekam menyebut aksi itu sebagai upaya membangun kepedulian dalam diri pemuda. Kepedulian yang terbentuk itu akan sangat membantu pemuda untuk bersikap terhadap setiap situasi yang ada di masyarakat.

“Kegiatan ini sebagai bentuk partisipasi pemuda dan jemaat dalam menyumbangkan darah bagi sesama sekaligus membiasakan pemuda dan jemaat serta masyarakat umum di Oeekam untuk berbagi,” ucap Yusuf.

Jecky Kamlasi, pemuda yang turut menyumbangkan darah pada aksi tersebut mengaku bahagia lantaran aksi donor darah itu baru pertama kali dilaksanakan di wilayah tempat tinggalnya. Selain itu, dirinya pun baru pertama kali melakukan donor darah.

“Bersyukur pemuda Nazareth bisa melakukan kegiatan ini dan kami dapat berpartisipasi dengan baik. Setidaknya kita bisa membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan, selanjutnya kita yang pendonor juga sehat, tubuh kita bisa memproduksi darah baru lagi,” ungkap Jecky. (joe/*)

Baca juga: Hendak ke Pesta, 5 Orang Tewas dalam Kecelakaan Dump Truk di Kualin-TTS