Pendaftaran Nusantara Sehat Periode II 2019 Dibuka, Ini Syarat Pendaftarannya!

MedikaStar.com

Kementerian Kesehatan RI kembali membuka peluang bagi Putra dan Putri terbaik Bangsa untuk bergabung menjadi Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat Individual Periode II Tahun 2019 dan Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat Team Based Periode II Tahun 2019.

Dilansir oleh laman nusantarasehat.kemkes.go.id, pendaftaran untuk bergabung menjadi Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat Individual Periode II Tahun 2019 dan Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat Team Based Periode II Tahun 2019 dibuka sejak 10 Juni hingga 17 Juni 2019 nanti.

Program Nusantara Sehat ini merupakan salah satu terobosan Kementerian Kesehatan RI yang bertujuan untuk menguatkan layanan kesehatan primer melalui peningkatan  akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar di Daerah Tertinggal, Perbatasan, dan Kepulauan (DTPK) serta Daerah Bermasalah Kesehatan (DBK) yang juga mempunyai tujuan menjaga keberlangsungan pelayanan kesehatan, menggerakan pemberdayaan masyarakat dan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terintegrasi serta meningkatkan retensi tenaga kesehatan yang bertugas di DTPK.

Program ini merupakan program lintas unit utama di Kementerian Kesehatan yang fokus tidak hanya pada kegiatan kuratif tetapi juga promotif dan preventif untuk mengamankan kesehatan masyarakat dari daerah yang paling membutuhkan sesuai dengan program Nawa Cita.

Ingin Belajar Langsung di Rumah? Klik untuk Terhubung dengan Branded Home Private

Dikutip dari laman resmi nusantara sehat, Jenis Tenaga Kesehatan yang dibutuhkan dalam program Nusantara Sehat Individual Periode II Tahun 2019 dan Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat Team Based Periode II Tahun 2019 ialah Dokter, Dokter Gigi, Tenaga Kesehatan Lingkungan, Ahli Teknologi Laboratorium Medik, Tenaga Kefarmasian, dan Tenaga Gizi.

Untuk Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat Individual, syarat pendaftaran yang harus dipenuhi oleh para pelamar, antara lain:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Usia maksimal 48 tahun
  • Tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan instansi lain pemerintah/swasta dan tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/Calon Anggota TNI/Polri serta Anggota TNI/Polri
  • Status sudah menikah atau belum menikah
  • Sehat jasmani rohani
  • Bebas narkoba
  • Berkelakuan baik
  • Wajib memiliki STR yang masih berlaku (Surat Keterangan STR yang sedang diproses tidak berlaku/tidak diterima)
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia sesuai kebutuhan Kementerian Kesehatan
  • Berpartisipasi pada program Jaminan Kesehatan Nasional dibuktikan dengan memiiki Kartu Indonesia Sehat (KIS)

Terkait pendaftaran tersebut, file-file yang harus diupload saat pendaftaran, antara lain Pas Foto, Scan Ijasah, Scan STR yang masih berlaku, Scan KTP, Scan Kartu Keluarga, dan Sertifikat pelatihan. Semua file yang diupload tersebut harus kurang dari 250kb.

Ingin Belajar Langsung di Rumah? Klik untuk Terhubung dengan Branded Home Private

Sementara untuk Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat Team Based, syarat pendaftaran yang harus dipenuhi oleh para pelamar, antara lain:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Usia maksimal 35 tahun untuk dokter dan dokter gigi, 30 tahun untuk tenaga kesehatan lainnya
  • Tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan instansi lain pemerintah/swasta dan tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/Calon Anggota TNI/Polri serta Anggota TNI/Polri
  • Belum menikah, dan bersedia tidak menikah selama 6 bulan masa penugasan
  • Sehat jasmani rohani
  • Bebas narkoba
  • Berkelakuan baik
  • Wajib memiliki STR yang masih berlaku (Surat Keterangan STR yang sedang diproses tidak berlaku/tidak diterima)
  • Bersedia ditempatkan dimana saja sesuai kebutuhan Kementerian Kesehatan
  • Berpartisipasi pada program Jaminan Kesehatan Nasional dibuktikan dengan memiiki Kartu Indonesia Sehat (KIS)

File-file yang harus diupload saat pendaftaran, yakni Pas Foto, Scan Ijasah, Scan STR yang masih berlaku, Scan KTP, Scan Kartu Keluarga, dan Sertifikat pelatihan. Semua file yang diupload tersebut harus kurang dari 250kb.

Informasi lengkap mengenai pendaftaran Nusantara Sehat ini dapat diperoleh di lama resmi Nusantara sehat, yakni nusantarasehat.kemkes.go.id. Sementara itu, untuk informasi lebih lanjut, pelamar dapat menghubungi halo kemkes, line Telpon (021) 1500567 dan Fax 021-52921669.

Baca Juga: Lagi, NTT Peroleh Puluhan Nakes Nusantara Sehat!

Putra-Putri NTT Jadi Prioritas Perekrutan Nakes Nusantara Sehat

Diberitakan oleh media ini sebelumnya, Kabid SDM Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Loucy Hermanus kepada Media ini, Selasa (07/05/19) lalu di ruang kerjanya menjelaskan bahwa putra-putri Provinsi Nusa Tenggara Timur menjadi prioritas dalam perekrutan tenaga kesehatan (Nakes) program Nusantara Sehat.

“Nusantara Sehat Individual Periode III tahun 2019 ini kebanyakan anak-anak NTT. Justru dari pusat perencanaan dan pendayagunaan SDM kesehatan Kemenkes, NTT merupakan salah satu daerah binaan, sehingga NTT menjadi prioritas. Ini sangat memberi peluang untuk anak-anak NTT untuk ikut dalam program Nusantara Sehat. Tetapi tentu dengan syarat harus mengikuti tahapan yang sudah ditentukan,” jelasnya usai menjemput tenaga kesehatan Nusantara Sehat periode lalu.

Loucy mengatakan bahwa dalam setahun, dibuka kesempatan 8 kali untuk Program Nusantara Sehat, sementara untuk program Internsip Dokter dibuka sebanyak 4 kali.

Terkait pendafataran program Nusantara Sehat, para peserta dapat langsung mendaftarkan diri secara online. Demikian pula dengan semua informasi mengenai program tersebut juga dapat diperoleh di website Nusantara Sehat.

“Nanti kalau lolos administrasi akan dipanggil untuk wawancara, psikotes dan tes kesehatan, karena ini memang tidak bisa dilakukan secara online,” terangnya.

Ia juga menjelaskan bahwa tenaga kesehatan Nusantara Sehat ini merupakan tenaga yang dipersiapkan untuk bisa menyelesaikan masalah di daerah terpencil yang jauh dari jangkauan. Seperti daerah yang bermasalah kesehatan, daerah terpencil, provinsi kepulauan, fasilitas kesehatan yang tidak diminati, atau fasilitas kesehatan yang tidak ada tenaga kesehatannya. (*/nusantarasehat/red)

Baca Juga: Putra-Putri NTT Jadi Prioritas Perekrutan Nakes Nusantara Sehat

Video:

57 Mahasiswa Stikes Maranatha Kupang Peroleh Sertifikat Pelatihan PPGDON

Advertisement