Pertimbangkanlah Enam Hal Berikut agar Liburan Akhir Tahun Kita Bebas Covid-19

MedikaStar.com

Kita semua telah tiba di penghujung tahun 2020. Liburan akhir tahun yang ditungu-tunggu banyak orang sebentar lagi akan dimulai. Kendati demikian, waktu liburan kali ini akan terasa sangat berbeda. Penyebabnya karena kita semua sedang berada dalam masa pandemi Covid-19.

Karena itu, sangat penting untuk tetap menjaga diri dan orang lain dari penyebaran virus Corona. Untuk tetap aman saat perayaan liburan akhir tahun nanti, kita perlu mempertimbangkan enam hal berikut.

Level Covid-19 saat Ini

Saat liburan panjang tiba, tentunya terdapat banyak kegiatan yang ingin kita lakukan. Di antara kegiatan yang direncanakan, terdapat banyak aktivitas di dalam dan luar rumah. Namun, sudahkah anda memperhatikan level Covid-19 di daerah anda?

Pertimbangkanlah jumlah kasus di lingkungan atau komunitas sekitar anda. Lebih lanjut, jika kegiatan yang hendak anda lakukan berhubungan dengan tamu, perhatikanlah dengan baik dari mana asal tamu tersebut. Hal-hal tersebut penting dilakukan untuk mengetahui risiko penularan Covid-19 yang hendak kita dapatkan.

Tempat Penyelenggaraan Acara

Menjelang natal dan tahun baru, ada banyak perayaan atau pun pertemuan kecil yang sering kali dilaksanakan. Lantas, lokasi manakah yang lebih aman untuk menyelenggarakan acara-acara dimaksud? Jawabannya adalah tidak ada tempat yang benar-benar aman, apalagi jika protokol kesehatan tidak diterapkan.

Meski begitu, pertemuan di luar ruangan dianggap lebih aman. Contoh luar ruangan yang dimaksud seperti di halaman depan atau belakang rumah. Sementara itu, untuk melaksanakan pertemuan di dalam ruangan, bukalah jendela dan pintu. Tujuannya untuk memastikan adanya ventilasi dan aliran udara yang baik, serta dapat membantu menurunkan risiko penularan Covid-19.

Lama Waktu Acara

Biasanya, saat melakukan pertemuan atau perayaan secara langsung, orang-orang ingin meluangkan waktu lebih banyak. Apalagi jika sedang melepas rindu bersama kerabat yang sudah lama tidak ditemui.

Tak ada yang salah dengan hal tersebut. Akan tetapi, pertemuan yang lebih lama, khususnya bersama orang dari luar daerah dan mereka yang tidak diketahui kondisi kesehatannya secara pasti dapat sangat berisiko. Karena itu, buatlah acara dengan singkat dan padat. Kita pun dapat bertemu secara online lebih lama dengan orang lain menggunakan media-media yang sudah tersedia saat ini.

Jumlah Orang yang Mengikuti Acara

Dalam suatu perayaan, salah satu hal yang menyenangkan bagi banyak orang adalah keramaian dan keseruannya. Namun, hal tersebut dapat meningkatkan risiko penularan Covid-19 di masa pandemi saat ini. Dengan kata lain, semakin banyak tamu akan berbanding lurus dengan besarnya risiko.

Kita masih bisa menjalankan pertemuan atau perayaan dengan cara membatasi jumlah orang sesuai aturan. Dalam pelaksanaannya, jangan lupa terapkan protokol kesehatan. Jika ingin lebih aman lagi, lakukanlah pertemuan secara virtual.

Tamu dari Luar Daerah

Liburan panjang akhir tahun biasanya menjadi momen mudik bagi kebanyakan orang. Saat mudik, orang-orang tentunya akan menghabiskan waktu di tempat-tempat umum seperti bandara, stasiun, pelabuhan, dan lain-lain.

Karena itu, setelah tiba di kampung halaman, mereka perlu melakukan isolasi diri terlebih dahulu. Jika mereka tetap memaksakan diri bergabung dalam perayaan atau pertemuan bersama orang lain, maka ia memiliki risiko menularkan Covid-19. Risikonya akan sangat besar jika kondisi kesehatannya belum pasti bebas dari Covid-19 atau tidak.

Patuhi Aturan yang Ditetapkan

Setiap negara ataupun daerah memiliki aturan-aturan tersendiri dalam melindungi masyarakat dari ancaman Covid-19. Setiap peraturan yang ada disesuaikan dengan kondisi dan situasi. Karena itu, sebelum kita merencanakan untuk berlibur atau melakukan perayaan di akhir tahun, pastikan untuk memahami aturan, undang-undang, serta protokol kesehatan yang ada.

Pertimbangkan juga setiap risiko yang dapat ditimbulkan dari perayaan yang dilakukan. Pertimbangan tersebut harus ditujukkan bagi diri sendiri dan orang lain. Jika kegiatan yang dilakukan dapat meningkatkan risiko penyebaran Covid-19, sebaiknya batalkan atau tunda saja kegiatan tersebut. Lebih lanjut, perayaan teraman di kala liburan akhir tahun dapat dilaksanakan di rumah masing-masing bersama keluarga.

Itulah keenam pertimbangan penting yang perlu dipikirkan sebelum menjalani liburan akhir tahun nanti. Tetaplah jaga kesehatan dan teruslah taati protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Selemat mempersiapkan diri untuk menjalani liburan akhir tahun yang aman dan menyenangkan, healthies! (har/mayoclinic)

Ayo Lindungi Keluarga Kita dari Klaster Keluarga Covid-19