Rayakan HUT ke-17, HIMPAUDI Provinsi NTT Gelar Ragam Perlombaan

Kupang, medikastar.com

Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka merayakan HUT ke-17 HIMPAUDI, Rabu (31/08/2022) di Aula Rumah Jabatan Gubernur NTT. Perayaan HUT tersebut mengusung tema, “Tulus mengabdi, teguh berjuang, dan solid bergerak untuk hak profesi guru Paud. Maju dan berkembang bersama Himpaudi Provinsi NTT.”

Serangkaian kegiatan yang digelar dalam moment HUT tersebut antara lain seperti lomba fashion show dari bahan daur ulang, lomba gerak dan tari dengan menggunakan profil  pelajar pancasila, lomba video tik-tok, dan juga lomba caption terbaik dengan Twibbon HUT HIMPAUDI.

Hadir dalam kesempatan tersebut perwakilan lembaga PAUD se-NTT ini, Sekda Provinsi NTT Domu Warandoy, SH, M.Si., Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTT, Linus Lusi; serta Guru Paud se-Kota Kupang yang tergabung dalam HIMPAUDI.

Dalam sambutannya, Ketua HIMPAUDI Provinsi NTT, Sari Dewi  Astuti, S.Pd, Gr., berbicara mengenai tema yang diangkat dalam kegiatan tersebut. Menurutnya, tema tersebut secara jelas menggambarkan semangat HIMPAUDI untuk terus memperjuangkan kesetaraan guru PAUD non formal.

Dijelaskan olehnya bahwa kesetaraan guru PAUD non formal perlu diperjuangkan mengingat selama ini di dalam undang-undang guru dan dosen  Nomor 14 tahuin 2005 pasal 1 ayat (1); yang dinyatakan  sebagai  guru hanya Paud formal, yakni Taman kanak-kanak. Dalam hal ini tentunya guru untuk paud nonformal belum diakui sehingga harus diperjuangkan.

Astuti mengatakan bahwa selain perjuangan profesi hak guru Paud, pihaknya juga memperjuangkan regulasi untuk Paud HI di NTT.

“Memang untuk Perwali sendiri sudah ada, akan tetapi berhubung inisiasinya dari Provinsi NTT sehingga beberapa waktu lalu kami beraudiens dengan Gubernur NTT guna memperjuangkan regulasi tentang Paud HI  karena Paud HI sangat penting sebagai solusi atau alat untuk menekan angka stunting di NTT,” jelasnya.

Terpantau kegiatan tersebut berlangsung dengan semarak. Pelombaan-perlombaan yang digelar diikuti dengan antusias oleh semua peserta yang hadir. (*/Red)