Siloam Hospitals Kupang Buka Ruang Rawat Inap Baru

Kota Kupang, MedikaStar.com

Minat masyarakat yang tinggi terhadap pelayanan kesehatan di Siloam Hospitals Kupang mendorong rumah sakit ini untuk menambah ruang rawat inap baru.

Selasa (14/05/19), ruang rawat inap baru di lantai 6 Siloam Hospitals Kupang dibuka secara resmi, ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT sekaligus Ketua Persi NTT, drg. Dominikus M. Mere, M.Kes; Kepala Bidang PMR (Penjaminan Manfaat Rujukan) BPJS Kesehatan Cabang Kupang, Rahmad Khaidir; Executive Director Hospitals Kupang, dr. Hans Lie; dan Anggota Komisi V DPRD NTT, Ir. H. Muhammad Ansor.

dr. Yuli Butu, Direktur Siloam Hospitals Kupang menerangkan bahwa pembukaan ruangan baru lantai 6 tersebut merupakan suatu komitmen dari Siloam Hospitals dalam melayani masyarakat NTT, sesuai dengan begitu banyaknya permintaan pasien.

“Kami membuka ruangan yang sebelumnya 110 tempat tidur, sekarang kita tingkatkan lagi menjadi 140 dan kemungkinan sampai bulan Juni akan menjadi 180 tempat tidur. Ini juga untuk meminimalisir kekecewaan pasien mengenai ruangan yang tidak cukup atau ruangan yang penuh,” terangnya.

Klik untuk pesan Apple Crunchy Cake-Nita’s Cake

dr. Yuli menjelaskan bahwa sebenarnya pelayanan di Siloam Hospitals Kupang ini hampir sama dengan pelayanan di rumah sakit tipe B lainnya, tetapi ada hal-hal lain yang menjadi keunggulan Siloam Hospitals Kupang.

“Misalnya CT Scan yang ada di rumah sakit ini ada 128 slide yang di tempat lain belum ada. Yang membedakan juga ialah bahwa kita juga memilki Cath Lab untuk katerisasi jantung, sehingga pasien-pasien jantung kita tidak pergi ke luar NTT untuk mencari pelayanan,” katanya.

Selain itu, Ia menambahkan bahwa akan hadir pula Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL) di Siloam Hospitals Kupang untuk menghancurkan batu ginjal tanpa operasi. Mesin tersebut dalam perjalanan menuju Kupang.

“Ini merupakan sebuah kemajuan yang sangat besar bagi kita masyarakat di NTT,” tegasnya.

Senada, Executive Director Hospitals Kupang, dr. Hans Lie juga menegaskan bahwa terhitung sejak Senin (13/0519), Siloam Hospitals Kupang sudah meningkatkan kapasitas tepat tidur dari 110 menjadi 140 dan akan terus naik sampai dengan 180 tempat tidur.

“Tentunya ini juga demi menjawab kebutuhan dari masyarakat NTT,” tuturnya.

Ia menjelaskan bahwa terkait ruangan perawatan baru di lantai 6 yang baru diresmikan tersebut, pihaknya menambah 3 bangsal. Yang pertama adalah bangsal kelas 1 cluster, khusus untuk pasien bedah dan non bedah sejumlah 33 tempat tidur. Selain itu, ada bangsal anak dengan 16 tempat tidur dan ada bangsal kebidanan dengan 11 tempat tidur.

“Sebenarnya kita memang akan punya kapasitas lebih dari itu, tetapi kita membuka pertahap mengingat ketenagaan, sebab merekrut karyawan tidak gampang,” kata dr. Hans.

Ia menambahkan bahwa untuk ICU, sejalan dengan peraturan Menteri Kesehatan, saat ini Siloam Hospitals Kupang memiliki 140 tempat tidur atau sebesar 5 persen dari total tempat tidur yang ada. Ke depan pihaknya akan menambah jumlah tempat tidur untuk ruang perawatan intensif, khususnya untuk menjawabi kebutuhan terkait kasus-kasus jantung.

“Selain itu, di ujung ruangan ini kita hadirkan VVIP sejumlah 16 tempat tidur yang memang kita khususkan untuk mereka-mereka yang membutuhkan fasilitas lebih. Kita juga ada ruangan VIP dimana kita bedakan antara ruangan VIP kebidanan, dewasa dan juga anak demi mengikuti standard akreditasi rumah sakit,” kata dr. Hans.

Sementara untuk kelas 1, sebelumnya Siloam Hospitals Kupang memiliki 24 tempat tidur, namun dengan membuka lantai yang baru, maka jumlah tempat tidur kelas 1 di rumah sakit ini naik menjadi 51 tempat tidur. Untuk kelas 1 ini, setiap kamar akan ditempati oleh 1 pasien saja.

“Konsep kamar kelas 1 kita ialah kamar kelas 1 cluster di mana ada 5 tempat tidur dengan 3 kamar mandi, dengan ratio yang sangat-sangat baik, sehingga bisa menunjang pasien atau keluarga pasien sehingga bisa mendapatkan kenyamanan lebih. Untuk kelas 2 juga pasien sendiri dengan ruangan yang lebih luas dan ber-AC. Untuk kelas 3 konsepnya adalah bangsal dan belum ber-AC,” terangnya.

Ia juga mengatakan bahwa di tahun 2019, Siloam Hospitals Kupang sudah menambah beberapa dokter spesialis. Antara lain seperti dokter spesialis anak, gizi klinis, bedah syaraf, spesialis urologi, dokter tulang, dan akan masuk lagi dokter spesialis rehabilitasi medic untuk fisioterapi.

Pantaun media ini, ruangan baru di lantai 6 ini sudah mulai dimanfaatkan untuk melayani para pasien. (*/red)

Baca Juga: Perayaan HUT ke-7 RS Carolus Borromeus Kupang Berlangsung Meriah

Video:

Kelurahan Merdeka Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan

Advertisement