SIMAK! Cara Meningkatkan Saturasi Oksigen

MedikaStar.com

Seringkali masalah kesehatan terjadi karena pemicunya adalah kadar oksigen dalam tubuh yang rendah. Dalam isitilah medis, kadar oksigen dalam darah juga disebut dengan saturasi oksigen.

Darah memiliki tugas untuk bisa menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Dan ketika darah kekurangan oksigen, maka kinerja tubuh pun akan menjadi terganggu sehingga dapat menyebabkan gejela sakit seperti sesak napas, batuk-batuk, detak jantuk yang cepat, sakit kepala.

Pada umumnya, orang yang sehat memiliki jumlah kadar oksigen 95-100%. Sedangkan  untuk kondisi saturasi oksigen yang rendah berkisar antara 90-92% yang berarti itu menjadi agar anda membutuhkan oksigen tambahan.

Dari uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa sangat penting bagi kita untuk bisa menjaga dan meningkatkan kadar saturasi oksigen agar tetap berada pada batas normal, terutama bagi pasien covid-19. Berikut tips dan cara untuk meningkatkan saturasi oksigen yang bisa kamu praktikkan ya!

Menjalani Pola Hidup Sehat

Cobalah untuk mulai menerapkan pola hidup sehat seperti konsumsi makanan bergizi dan berolahraga. Untuk menjaga saturasi oksigen cobalah untuk konsumsi makanan yang memperlancar sirkulasi seperti zat besi, daging merah dan sayuran hijau.

Selain itu ambilah komitmen untuk berolahraga minimal 3-4 kali dalam seminggu seperti jogging atau jalan pagi/sore.

Memperbaiki Sirkulasi Udara

Agar udara dalam ruangan tetap bersih, coba untuk membuka jendela atau pintu setiap pagi agar sirkulasi dan pertukaran udara tetap terjaga. Membuka jendela atau pintu dapat membawa udara segar masuk sehingga memberikan supply oksigen yang lebih baik.

Berhenti Merokok

Berhenti merokok dapat membantu meningkatkan saturasi oksigen atau mneghindari untuk jadi perokok pasif. Dengan berhenti merokok membuat sirkulasi dan kadar oksigen secara keseluruhan meningkat.

Memelihara Tanaman Hias

Tanaman hias dapat membantu untuk memurnikan udara dalam ruangan dengan menghilang karbon dioksida dan juga dapat mengisi kembali tingkat oksigen dalam ruangan.

Proning Position

Cara ini dianjurkan oleh sejumlah dokter termasuk satgas pananganan Covid-19. Proning position adalah teknik meningkatkan kadar oksigen dengan cara mengatur posisi tidur pasien yang gangguan pernapasan. Dikutip dari @kemenkes_ri, ada 3 teknik proning yang dapat dilakukan yaitu berbaring diatas perut, berbaring ke sisi kanan, berbaring sambil duduk dan masing-masing posisi dilakukan selama 30 menit.

Itu dia beberapa cara dan tips untuk meningkatkan saturasi oksigen mu agar bisa tetap normal. Jangan lupa untuk terus mengecek saturasi oksigenmu secara berkala dengan menggunakan oximeter. (*/ctr)

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Masa PPKM