Stikes Maranatha Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru, Bisa Dilakukan Secara Online

Kota Kupang, MedikaStar.com

Pemerintah telah membatalkan ujian nasional (UN) untuk setiap jenjang, baik Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, maupun Sekolah Menengah Atas karena meluasnya wabah Covid-19. Sebagai gantinya, standar kelulusan memakai nilai kumulatif selama proses belajar di sekolah.

Bagi para siswa Sekolah Menengah Atas sederajat yang ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Maranatha Kupang bisa menjadi pilihan terbaik. Khusus untuk jalur prestasi, pendaftaran sudah dibuka sejak 1 Februari lalu dan akan berlangsung sampai 30 Mei 2020.

Sementara pendaftaran melalui jalur tes akan dibuka dalam dua gelombang. Gelombang pertama pada 1 Juni sampai 11 Juli 2020, sedangkan gelombang II pada 13 Juli sampai 15 Agustus.

Stefanus Mendes Kiik, M.Kep., Sp.Kep.Kom, Wakil Ketua I Stikes Maranatha, menjelaskan bahwa pendaftaran calon mahasiswa baru Stikes Maranatha Kupang dilakukan melalui cara online dan manual atau datang langsung ke kampus.

“Secara online dilakukan melalui melalui website Stikes Maranatha di maranatha-ntt.ac.id. Setelah masuk ke website ini, akan ada menu Siakad, silahkan klik menu tersebut dan akan masuk ke menu Pendaftaran Maba. klik di menu Pendaftaran Maba ini dan ikuti langkah-langkah selanjutnya,” terangnya.

Sementara untuk penerimaan calon mahasiswa melalui jalur manual, calon mahasiswa yang bersangkutan bisa datang langsung ke kampus Stikes Maranatha Kupang. Pendaftaran dibuka dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore.

Terdapat dua pilihan program yang ditawarkan untuk para mahasiswa baru, yakni Program DIII Kebidanan dan S1 Keperawatan. Dua program tersebut memiliki keunggulan kompetensi masing-masing. Program DIII Keperawatan unggul dalam penanganan kegawatdaruratan obstetric, sedangkan program S1 Keperawatan unggul dalam keperawatan komunitas.

Bagi yang berminat bisa menghubungi  kontak berikut 081 246 388 816 atau 082 236 196 008 untuk informasi lebih lanjut.

Selain untuk mahasiswa baru, Stikes Maranatha juga menerima mahasiswa ahli jenjang dari DIII Keperawatan ke S1 Keperawatan, serta Program Profesi Ners.

Keunggulan

Stikes Maranatha Kupang merupakan lembaga pendidikan swasta pertama di di Nusa Tenggara Timur yang menyelenggarakan Program Studi S1 Keperawatan dan Profesi Ners serta DIII Kebidanan. Stikes Maranatha mempunyai staf dosen yang berpendidikan S2 serta spesialis yang berkompeten dalam bidangnya.

Program pendidikan di kampus ini diarahkan untuk menghasilkan lulusan yang professional dalam bidangnya masing-masing serta mampu memberikan pelayanan kesehatan berdasarkan KASIH.

Selain punya ruang kuliah yang aman dan nyaman, Kampus yang terletak di Jl. Kampung Bajawa, Nasipanaf, Baumata Barat, Kota Kupang, itu sudah dilengkapi berbagai fasilitas yang menunjang proses perkuliahaan. Di antaranya laboratorium perawat, laboratorium perawat komunitas, laboratorium bidan, laboratorium computer, perpustakaan, media belajar berbasis computer, dan sarana olahraga. Kampus juga menyediakan akses internet gratis.

Selain itu, terdapat berbagai beasiswa untuk para mahasiswa, seperti beasiswa Yayasan Maranatha, beasiswa Gubernur NTT, Beasiswa PPA Kemendikbud, serta beasiswa Bidikmisi Kemendikbud.

Saat ini Stikes Maranatha telah menjalin kerja sama dengan berbagai instansi seperti Dinas Kesehatan dan rumah sakit yang nantinya menjadi tempat praktik lapangan dan penelitian para mahasiswa.

Rumah-rumah sakit yang menjadi mitra Stikes Maranatha antara lain RSUD Prof. WZ. Johannes, RSB Titus Uly, RS Wirasakti dan RSUD SK. Lerik. Selain itu, kerja sama juga dibangun dengan seluruh Puskesmas yang ada di Kota Kupang.

Di luar Kupang, Stikes Maranatha menjalin kerja sama dengan RSU Naibonat di Kabupaten Kupang, RSUD Soe di TTS, RSUD Kefamenanu di TTU dan RSUD Mgr. Gabriel Manek Atambua, serta sejumlah puskesmas yang ada di kabupaten. Termasuk juga menjalin kerja sama dengan RS Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang, Malang,Jawa Timur.

Selain itu, pihak Stikes Maranatha juga menjalin kerja sama dengan PT OS-Selnajaya dalam rangka perekrutan tenaga kesehatan, perawat dan bidan, yang hendak bekerja di Jepang. (*/red)

Baca Juga: dr.Eky Gonang: Bukan Tenaga Kesehatan, Masyarakatlah Garda Terdepan Lawan Covid-19