Suka Belanja Kosmetik secara Online? Perhatikan Hal-Hal ini Sebelum Belanja!

MedikaStar.com

Penawaran berbagai produk kosmetik kini tengah berseliweran di internet. Di media sosial khususnya, produk-produk kosmetik dipasarkan dengan penawaran yang menggiurkan seperti mampu memutihkan kulit dalam hitungan hari, mampu memperhalus wajah, dapat menghilangkan flek-flek hitam dan sebagainya. Berbagai penawaran ini kerap membuat kita tergiur untuk menggunakannya, sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar dari kita saat ini menggunakan kosmetik yang dibeli secara online.

Memang transaksi pembelian barang, khususnya kosmetik melalui jalur online sangat memudahkan, secara khusus untuk mereka yang tidak ingin ke luar rumah demi mencari produk-produk tersebut. Penjulan online ini juga memanjakan, sebab hanya dengan klik pada handphone, produk kosmetik yang kita inginkan bisa diantar sampai ke rumah kita.

Akan tetapi, pernakah kita berpikir mengenai keamanan dan kesehatan kita dalam menggunakan produk-produk kosmetik tersebut? Atau pernakah kita berpikir mengenai legalitas, bahan-bahan pembuatan produk hingga ijin edar kosmetik yang kita pesan secara online?

Terkait hal ini, Kepala BPOM di Kupang, Drs. Sem Lapik, Apt.,M.Sc mengatakan bahwa memang saat ini penjualan produk kosmetik secara online tidak mungkin kita hindari.

Ingin Belajar Langsung di Rumah? Klik untuk Terhubung dengan Branded Home Private

“Tetapi untuk kosmetik, obat dan makanan, saya menghimbau masyarakat untuk berhati-hati, karena biasanya barang yang diiklankan dan yang dikirimkan kadang berbeda. Ini yang menjadi masalah, karena tidak mungkin kita kembalikan lagi, karena kalau pemesanan online kan kita harus mentransfer uangnya terlebih dahulu baru barangnya dikirim,” ujarnya.

Sem mengatakan bahwa ketika membeli produk-produk kosmetik secara online, masyarakat harus jeli dan teliti khususnya mengenai kriteria yang ditetapkan untuk peredaran produk tersebut, terutama mengenai ijin edar produk.

“Kalau produk tersebut tidak ada ijin edarnya lebih baik tidak usah digunakan sebab kemungkinan produk tersebut illegal dan kita tidak tahu apakah isi dari produk tersebut aman untuk digunakan. Jangan sampai karena dia tidak memiliki ijin edar, malah itu mengandung bahan berbahaya,” tegasnya.

Sem menjelaskan bahwa kosmetik yang aman untuk digunakan ialah kosmetik yang terdaftar di BPOM, tidak mengandung bahan berbahaya, dan digunakan sesuai cara penggunaan. Selain itu, peraturan Kepala BPOM No. 19/2015 tentang Persyaratan Teknis Kosmetik, pasal 2 menyebutkan bahwa kosmetik yang beredar harus memenuhi persyaratan teknis, yaitu persyaratan keamanan, kemanfaatan, mutu, penandaan, dan klaim.

Berikut hal yang harus dilakukan untuk memilih kosmetik yang baik dan aman:

Caranya yakni dengan melakukan Cek KLIK. Cek KLIK ini terdiri dari cek kemasan, cek label, cek izin edar, dan cek kedaluwarsa.

Foto: Jamez Radar

Untuk kemasan, pastikan bahwa kemasan kosmetik dalam keadaan baik dan jangan memilih kosmetik yang kemasannya rusak. Selain itu, kemasan memiliki warna, bau, dan konsistensi produk baik dan kemasan memiliki bentuk dan warna merata, stabil serta tidak ada bercak kotoran.

Tekait cek label, pastikan bahwa label tercantum jelas dan lengkap. Selain itu, setiap kosmetik wajib mencantumkan penandaan/label yang benar yang meliputi nama kosmetik, kemanfaatan/kegunaan, cara penggunaan, komposisi, nama dan negara produsen, nama dan alamat lengkap pemohon notifikasi, nomor bets, ukuran, isi atau berat bersih, tanggal kedaluwarsa, nomor notifikasi, peringatan/perhatian dan keterangan lain yang dipersyaratkan.

Berkaitan dengan cek izin edar, pilihlah kosmetik yang telah memiliki izin edar berupa notifikasi dari Badan POM. Nomor notifikasi dari Badan POM ini ditandai dengan kode N diikuti 1 huruf dan 11 digit angka, yaitu: NA12345678901 atau NB12345678901 atau NC12345678901 atau ND12345678901 atau NE12345678901.

Untuk cek kealuwarsa, telitilah tanggal kedaluwarsa kosmetik sebelum membeli. Tanggal kedaluwarsa ditulis dengan urutan tanggal, bulan, dan tahun atau bulan dan tahun, misalnya exp. date: Februari 2019, ed. 02 2019.

“Berhati-hatilah dalam memilih dan menggunakan kosmetik yang baik bagi kulit. Pemakaian yang salah dapat menyebabkan iritasi, jerawat sampai kerusakan permanen pada wajah,” tegas Sem. (*/red)

Foto: Jamez Radar

Baca Juga: Sistem Perlindungan Anak dari Bahaya Pornografi Berbasis Desa, Upaya Selamatkan Masa Depan Anak

Video:

Profil Singkat Rumah Sakit St. Carolus Borromeus Kupang

Advertisement