update covid kota kupang

Tersisa 17 Pasien Covid-19, Pemkot Minta Warga Ikut Vaksin dan Taat Prokes

Kota Kupang, Medikastar.com

Jumlah pasien Covid-19 di Kota Kupang yang masih menjalani perawatan sampai Rabu (17/11/2021) tersisa 17 orang. Meski mengalami penurunan, Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang tetap menghimbau agar warga untuk tetap menaati protokol kesehatan (prokes) dan mengikuti vaksinasi bagi warga yang belum divaksin.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Satgas Covid-19 Kota Kupang, Ernest Ludji melalui pesan WhatsApp, Kamis (18/11/2021). Ernest meminta warga untuk tidak bereuforia dan mengabaikan prokes.

Ernest juga meminta agar masyarakat yang belum menerima vaksin baik dosis pertama maupun dosis kedua untuk mendatangi Puskesmas terdekat. Warga akan dilayani vaksinasi di Puskesmas taersebut.

“Kasus Covid-19 memang sudah melandai namun kami tetap menghimbau agar masyarakat tetap patuh prokes yang sudah ditetapkan Pemerintah,” kata Ernest.

Beberapa waktu terakhir, banyak warga Kota Kupang mulai abai dengan prokes. Penerapan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) bukan lagi dianggap sebagai kewajiban. Hal itu bisa dilihat dari aktivitas masyarakat baik di tempat-tempat umum seperti pasar, taman-taman kota maupun di tempat-tempat pesta.

Banyak acara resepsi pernikahan yang disertai dengan acara dansa berlangsung hingga subuh. Padahal dalam surat edaran Walikota Kupang Nomor: 090/HK.443.1/XI/2021 yang dikeluarkan pada 9 November 2021 tidak mengizinkan acara dilakukan sampai subuh.

Seperti tertuang dalam huruf l surat edaran tersebut, resepsi pernikahan dan hajatan kemasyarakatan lainnya di wilayah zona hijau hanya diizinkan 50 persen dari total kapasitas. Prokes 3M harus diterapkan dan tidak diizinkan untuk makan di lokasi pesta. Selain itu waktu acara pun hanya sampai pukul 21.00 WITA.

Sementara untuk wilayah yang bukan zona hijau hanya diperbolehkan menggelar acara dengan kapasitas 25 persen. Dan acara dibatasi sampai pukul 21.00 WITA.

Ernest menegaskan, Satgas Covid-19 terus melakukan pengawasan terhadap penerapan prokes. Pengawasan itu dibantu juga oleh petugas kesehatan dari 11 Puskesmas di Kota Kupang.

“Kegiatan 3T (testing, tracing, treatment) tetap dilakukan oleh petugas Satgas dalam hal ini Puskesmas-puskesmas yang ada di Kota Kupang,” ujar Ernest.

Data Satgas Covid-19 Kota Kupang menyebutkan, sebanyak 1.646 spesimen Covid-19 diperiksa pada Rabu (17/11). Sehari sebelumnya, ada 1.430 spesimen yang diperiksa. Artinya capaian pemeriksaan spesimen melampaui target harian yakni 1.000 spesimen per hari.

Disamping itu, vaksinasi pun terus meningkat. Untuk dosis pertama sudah mencapai 84,03 persen dengan capaian sasaran 280.364 orang. Dan vaksin dosis kedua mencapai 59,97 persen. Sebanyak 200.087 warga sudah menerima vaksin dosis lengkap dari target 333.628 orang. (joe/*)

Baca juga: Penghargaan STBM, Bukti Komitmen Pemkot Kupang dan Masyarakat Hidup Bersih